Alek Nagari Pangkalan Potang Balimau kembali Digelar Tahun Ini

Sejumlah pihak terkait memantau lokasi Potang Balimau di Nagari Pangkalan Kecamatan Pangkalan Koto Baru. ist

HARIANHALUAN.id – Alek Nagari Pangkalan Potang Balimau kembali digelar tahun ini. Kegiatan yang digelar sehari sebelum memasuki bulan suci Ramadan itu sempat terhenti selama empat tahun terakhir karena Covid-19. Rencananya puncak kegiatan Potang Balimau akan dilaksanakan di Nagari Pangkalan Kecamatan Pangkalan Koto Baru, Rabu 22 Maret 2023.

Rangkaian Potang Balimau diisi dengan berbagai perlombaan, turnamen dan penyambutan PKP Pulang Basamo. Acara puncak Alek Nagari Pangkalan ini seperti Selaju Sampan, Mimbau/ Sampan Hias, Balimau Kasai, malam kesenian dan kegiatan lainnya yang diselenggarakan di Lingkungan Masjid Raya Pangkalan dan akan dihadiri Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi dan Bupati Lima Puluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo.

Plt Kepala Dinas Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Lima Puluh Kota Elsiwa Fajri mengungkapkan, berbagai persiapan terus dimatangkan agar acara berjalan dengan aman dan tertib.

“Diharapkan koordinasi dan kerjasamanya baik keamanan, titik parkir, dan tim medis serta panitia yang terlibat khususnya pada hari-H agar acara berjalan lancar,” ujarnya, Jumat (17/3).

Dia menyebut, Rabu (15/3) lalu telah digelar rapat persiapan Potang Balimau di Kantor Wali Nagari Pangkalan, pada /2023). Turut hadir pada kesempatan tersebut Wakapolres Lima Puluh Kota Basrial, perwakilan unsur Forkopimda, perwakilan OPD terkait, Camat Pangkalan Gusni Hendrix, Wali Nagari Pangkalan dan panita penyelenggara acara.

Pihaknya memprediksi akan terjadi lonjakan pengunjung terutama wisatawan domestik. Mengingat Potang Balimau merupakan magnet wisata yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat setiap tahunnya.  

“Untuk itu, kita juga bekerja sama dengan Polres Lima Puluh Kota untuk mengantisipasi dan meminimalisir terjadinya dampak-dampak negatif yang akan timbul di lokasi penyelenggaraan Potang Balimau nanti,” ujarnya.

Wakapolres Lima Puluh Kota, Basrial mengatakan pihaknya bersama jajaran siap untuk mengamankan acara Potang Balimau nanti.

“Kami bersama TNI, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Basarnas, BPBD, Damkar dan tim lainnya siap mengerahkan personel demi terlaksananya keamanan dan ketertiban acara nanti. Kami juga mengimbau masyarakat khususnya Paga Nagari untuk saling membantu,” tambahnya. (tfk)

Exit mobile version