Diketuai Resti Hartika, DPP Ikluas Sangir Solok Selatan Terbentuk di Jakarta

HARIANHALUAN.id – Dewan Pimpinan Pusat Ikatakan Keluarga Lubuk Ulang Aling Sekitarnya (DPP. Ikluas) Kecamatan Sangir Batang Hari, Kabupaten Solok Selatan, Sumbar, sekarang telah terbentuk di Jakarta, yang dipimpin Ketua Umumnya, Resti Hartika, S.S untuk masa bakti periode 2023-2028.

Terbentuknya DPP Ikluas ini, merupakan suatu hal yang menggembirakan bagi warga masyarakat Lubuk Ulang Aling sekitarnya yang ada di Jakarta khususnya dan di manapun di Indonesia umumnya.
DPP Ikluas yang terbentuk dalam suatu pertemuan di Kompleks Perumahan Gardenia Residen, Cipayung, Jakarta beberapa hari lalu itu, sekaligus telah berhasil mengisi sejumlah posisi di kepengurusan DPP Ikluas.

Selain Ketua Umum, Sekretaris Jenderal (Sekjend) dipercayakan kepada Benardo Aulia, S.Kom, Wakil Ketua Ir. Indra Musriyal, Wakil Sekjend Sri Rahmi Riantika. Sedangkan Bendahara Umum dipercayakan kepada Winda Febriantika.

Menurut Resti Hartika, Ikluas ini sudah lama terbentuk, dan di era tahun 1990-an sangat eksis dengan DPP Ikluas terletak di Kota Padang, Sumbar. Waktu Ikluas eksis di tahun 1990-an, organisasi ini sangat aktif melakukan berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan di Lubuk Ulang Aling.
Antara lain melakukan kegiatan safari Ramadhan ke berbagai masjid dan surau di Lubuk Ulang Aling setiap bulan puasa, mengadakan kegiatan mencari dana untuk membantu berbagai kegiatan pembangunan melalui acara malam dana dan lelangan kue atau singgang ayam, melakukan kegiatan pengabdian masyarakat dengan membuat dusun binaan dan lain-lain.

Dijelaskan Resti, Lubuk Ulang Aling terdiri dari 3 Nagari (Desa), yakni Lubuk Ulang Aling, Lubuk Ulang Tengah dan Lubuk Ulang Selatan dengan jumlah penduduk seluruhnya sekitar 10.000 jiwa.
Lubuk Ulang Aling menyimpan banyak Sumber Daya Alam (SDA) seperti hasil hutan dan hasil tambang.

Namun sayangnya sampai saat ini Lubuk Ulang Aling belum memiliki jalur transportasi yang memadai. Jalan daratnya masih jalan tanah, sama sekali belum tersentuh aspal. Karenanya, jalur lalu lintas air dengan mempergunakan motor tempel masih merupakan jalur lalu lintas utama di sana hingga hari ini.

“Alhamdulillah, walapun dalan bentuk masih sederhana, namun Ikluas yang sudah sekian lama fakum, sekarang bisa kembali terbentuk DPP-nya di Jakarta.
Resti berharap DPP. Ikluas bisa menjadi wadah komunikasi bagi warga Lubuk Ulang Aling yang ada di rantau dengan yang di kampung, untuk kepentingan kemajuan kampung halaman. Mudaha-mudahan nanti kita bisa berbuat untuk kampung halaman, walaupun sedikit,” tutur Resti.

Terakhir Resti berharap bisa segera terbentuk Cabang-Cabang Ikluas pada berbagai Provinsi dan Kabupaten/ Kota di seluruh Indonesia. (*)

Exit mobile version