Terima KUR Pertanian Rp50 Miliyar, Petani Solok Selatan Diminta “Timba Ilmu” di Arena PENAS XVI Padang

Solsel Terima Bantuan KUR Pertanian Sebesar Rp 50 Milyar dan Sejumlah Unit Pengolah Hasil Pertanian.

HARIANHALUAN.id – Bupati Solok Selatan H Khairunas menghadiri gelaran Pekan Nasional (Penas) XVI Petani dan Nelayan di Kawasan Lanud Sutan Sjahrir, Padang, Sumatra Barat (Sumbar).

Pada kesempatan itu, secara simbolis Bupati Khairunas menerima bantuan Kredit Usaha Rakyat (KUR) pertanian sebesar Rp 50 Milyar dan sejumlah Unit Pengolah Hasil Pertanian.

Khairunas berharap bantuan tersebut nantinya dapat dimanfaatkan seluas-luasnya bagi petani di Kabupaten Solok Selatan.

Penas tani dan nelayan ini diselenggarakan 10 – 15 Juni 2023 dan secara resmi telah dibuka oleh Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian RI Airlangga Hartarto secara daring.

Seperti diketahui, Penas merupakan bagian strategis dari upaya konsolidasi bersama dalam menjaga ketahanan pangan nasional di tengah ancaman krisis pangan.

Salah satu kegiatannya adalah pameran pembangunan pertanian. Solok Selatan pun turut menghadirkan sebanyak 50 orang petani ke acara tersebut.

“Kita berharap perwakilan petani Solok Selatan yang menghadiri “Penas” ini memperoleh pengetahuan serta pengalaman yang berharga sehingga dapat disebarluaskan kepada petani di Alam Sarantau Sasurambi,” kata Khairunas dalam keterangannya, Sabtu (10/06/2023).

Pameran pertanian yang ditampilkan seperti komoditas pertanian yang dikemas secara epik, pemutaran video program dan capaian, hingga coffee corner lengkap dengan barista juga unjuk rasa untuk berbagai komoditas. Juga dimeriahkan dengan penampilan games dengan alat mesin pertanian yang disajikan secara tiga dimensi alias 3D.

Bupati juga didampingi Ketua DPRD Solok Selatan Zigo Rolanda, Kadis Pertanian Nurhayati beserta peserta pameran pertanian Solsel. (*)

Exit mobile version