Mayoritas Warga Padang Panjang Shalat Idul Adha Tadi Pagi, Rabu 28 Juni 2023

24 Masjid Selenggarakan Salat Iduladha

HARIANHALUAN.id – Sejumlah masjid di Kota Padang Panjang selenggarakan Salat Idul Adha, Rabu (28/6).

Dari data Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setdako, tercatat 24 masjid yang menyelenggarakan Salat Id. Sisanya dijadwalkan besok, Kamis (29/6).

“Memang sudah banyak masjid yang menyelenggarakan Salat Iduladha hari ini. Tersebar di 24 masjid yang ada di Padang Panjang,” sebut Kabag Kesra, Erwina Agreni, M.Si.

Untuk besok, Kamis (29/06/23), tambah Erwina, Pemko Padang Panjang akan memfasilitasi pelaksanaan Salat Iduladha di Islamic Center.

“Selain itu, juga ada beberapa masjid yang melaporkan akan menyelenggarakan Salat Id besok secara mandiri,” katanya.

Perbedaan jadwal ini, ulas Erwina, sudah bisa diterima masyarakat, sesuai dengan keyakinan masing-masing. Tentunya berdasarkan dalil dan pertimbangan yang mereka yakini.

Terkait pelaksanaan ibadah Kurban, tambahnya lagi, beberapa masjid ada yang melaksanakan hari ini, sesuai kesepakatan peserta kurban.

Disebutkannya, beberapa tempat juga ada yang melaksanakan pemotongan besok, meskipun sudah menyelenggarakan Salat Id hari ini. Mereka mempertimbangkan adanya peserta kurban yang akan salat besok.

“Hal ini menenangkan, sekaligus menyenangkan. Karena hal ini menunjukkan saling menghargai di masyarakat Padang Panjang berjalan dengan baik,” terangnya.

Dari pantauan Kominfo di lapangan, pelaksanaan Salat Iduladha berlangsung dengan khidmat. Di Masjid Jami’ Nurul Huda, Kelurahan Silaing Bawah, Kecamatan Padang Panjang Barat (PPB) misalnya. Masjid tersebut dipadati masyarakat hingga ke trotoar jalan.

Hal serupa juga terlihat di Masjid Nurul Taqwa, Masjid Jihad, Masjid Nurul Furqan dan lapangan Brimob, Kelurahan Silaing Atas. Para jemaah tumpah ruah memadati tempat yang menyelenggarakan Salat Iduladha. (*)

Exit mobile version