74 Tahun Haluan! Koran Perjuangan, Surat Kabar Pertama di Luar Jawa yang Terbit Pasca Kemerdekaan

HARIANHALUAN.id – Derap perubahan zaman tak membuat Harian Haluan redup bahkan sampai tutup. Badai zaman yang membentur dan terus membentur Harian Haluan dan hingga akhirnya terbentuk dan eksis hingga kini.

1 Oktober 2022, Haluan memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74. Perayaannya pun berlangsung sederhana, namun penuh makna yang penuh kekeluargaan di Kantor Haluan Jl. Hamka Lanud St. Syahrir Tabing Padang, Sabtu (1/10/22).

Sebagai koran pertama di Sumatra bahkan di luar pulau Jawa, Harian Haluan menunjukkan mampu bersaing di tengah kelindan zaman yang serba teknologi.

Pemimpin Umum Haluan, Zul Effendi.

Pimpinan Umum Harian Haluan, Zul Effendi, mengatakan, perayaan HUT Haluan ke-74 yang digelar secara sederhana menjadi bentuk rasa syukur kepada Allah SWT dan ucapan terima kasih kepada seluruh relasi serta karyawan serta momentum introspeksi diri.

“Selain rasa syukur dan ucapan terima kasih, bagaimana HUT ini menjadi momentum introspeksi diri. Sudah sejauh mana kita berkontribusi mempertahankan koran bersejarah itu,” ucap Zul Effendi.

Menghadapi tantangan media zaman ini, ia menyebut tim kerja Haluan adalah petarung handal yang harus memiliki tekad yang kuat, nyali yang kokoh dan tentu diiringi dengan peningkatan kualitas jurnalistik.

Diakuinya tantangan hari ini tidak hanya ada secara eksternal yang harus mampu bersaing, namun juga secara internal yang mampu saling menguatkan satu sama lain.

“Seperti yang disampaikan Owner Haluan, Bapak Basrizal Koto, yang paling penting didorong itu spirit, terlebih di era disrupsi ini, termasuk pasca-gempuran badai pandemi Covid-19 sejak 2020,” tuturnya.

Ia berharap, seluruh tim kerja Haluan baik karyawan dan wartawan tidak hanya bekerja dengan otak namun juga menggunakan hati dan nurani, lebih kreatif dan inovatif.

“Tentunya juga menanamkan rasa kepemilikan untuk menjaga koran bersejarah ini,” ujarnya.

Menghadapi kelindan zaman, katanya, Harian Haluan tak hanya mempertahankan koran cetak, namun juga diperkuat platform digital. Ada tiga platform digital yang saat ini dimiliki Harian Haluan diantaranya, Harianhaluan.id, Harianhaluan.com, dan hantaran.co yang tetap mempertahankan fungsi pers yang baik.

“Ke depan Haluan juga berencana menyiapkan sebuah karya besar pada usia 75 tahun mendatang, berupa buku sejarah Haluan,” ujarnya.

Syahrial Syam (Keluarga Kasoema, Pendiri Haluan)

Ditempat yang sama, perwakilan Keluarga pendiri Haluan H. Kasoema, Sahrial Syam, yang turut hadir pada HUT Haluan ke-74, mengatakan kebanggannya Haluan yang masih eksis hingga hari ini.

“Mewakili keluarga, saya bangga Haluan masih tetap hidup dan berkembang mengikuti tuntutan zaman sampai hari ini,” ucapnya.

Menurutnya Haluan adalah koran yang mempunyai jati diri tersendiri diantara koran- koran lain di Sumbar. Atas nama keluarga, ia juga mengucapkan terima kasih, penerus Haluan hari ini selalu mengingat pendiri Haluan sebagai bagian dari keluarga Haluan.

GM Basko Grand Mall, Wendoky Basko.

Sementara itu, GM Basko Grand Mall yang mewakili Owner Haluan, Basrizal Koto (Basko), Wendoky Basko, mengucapkan terima kasih kepada tim kerja Haluan yang terus bekerja mencari berita update setiap harinya.

“Semoga Haluan panjang umur bisa sampai beratus-ratus tahun dan berjuta-juta tahun ke depan,” ucapnya.

Wartawan Senior, Hasril Chaniago

Selanjutnya, Wartawan Senior yang juga Dewan Redaksi Haluan, Hasril Chaniago, mengapresiasi nilai-nilai yang selalu tertanam di Haluan, seperti selalu menghargai jasa-jasa para pendahulu.

“InsyaAllah, Haluan tetap abadi dan eksis sampai kapanpun. Tidak hanya warisan berupa karya maupun harta, tapi juga nilai-nilai luruh selalu menghargai dan tidak melupakan orang-orang terdahulu yang berjasa membangun Haluan,” ucapnya.

Mayor Wahyudi Krisyanto (Mewakili Danlanud St. Syahrir).

Mewakili Danlanud Sutan Sjahrir, Wahyudi Krisyanto, mengatakan kehadiran Haluan di lingkungan Lanud Sutan Sjahrir membawa warna tersendiri.

“Dengan hadirnya Haluan membuat Lanud Sutan Sjahrir berterima kasih. Lingkungan kami jadi ada kehidupan. Kami sangat senang Haluan berada di lingkungan kami. Haluan bukan orang lain tapi bagian keluarga besar Lanud Sutan Sjahrir,” ucapnya.

Ia berharap dan mendoakan Haluan tetap jaya dan menjadi koran andalannya Sumbar. “Selamat HUT Haluan ke-74. Sejarah mencatat Haluan sebagai koran pertama kali di luar Jawa. Tetap selalu eksis, jaya memberikan informasi kepada masyarakat Sumbar,” ucapnya. (*)

Exit mobile version