PT Semen Padang Jalin MoU dengan Ditjen Bina Lavotas untuk Pengembangan Pendidikan Kejuruan

Dirut PT Semen Padang Yosviandri (kiri) menandatangani MoU yang terjalin antara PT Semen Padang dengan Dirjen Bina Lavotas di Jakarta, Senin (13/12). IST/HUMAS PTSP

JAKARTA, HALUAN — PT Semen Padang terus mendorong pengembangan pendidikan kejuruan dan program pelatihan vokasi sehingga makin sesuai dengan kebutuhan industri. Salah satu dorongan itu terwujud lewat Penandatanganan Naskah Kesepahaman dengan Direktorat Jenderal Pembinaan Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (Ditjen Bina Lavotas) Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) RI, Senin (13/12).

Bertempat di Ruang Tri Dharma Kemenaker Lantai 2 A, Jalan Jenderal Gatot Subroto, Jakarta Selatan, MoU ditandatangani oleh Dirut PT Semen Padang Yosviandri bersama Dirjen Bina Lavotas Kemenaker Budi Hartawan. Ikut hadir pada acara tersebut, Menaker Ida Fauziyah.

Dirut PT Semen Padang Yosviandri mengatakan, MoU dilakukan dalam rangka pengembangan kejuruan dan program pelatihan vokasi yang sesuai dengan kebutuhan industri atau link and match dengan tujuan, untuk meningkatkan kompetensi kualitas sumber daya manusia melalui vokasi dan sertifikasi.

“MoU ini berlaku 3 tahun dan dapat diperpanjang sesuai kesepakatan. Untuk fasilitas pelatihan dan sertifikasinya, bisa memanfaatkan fasilitas Balai Latihan Kerja (BLK) dan Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Kemenaker yang ada di Indonesia,” kata Yosviandri.

Bagi PT Semen Padang, sebut Yosviandri, MoU ini sangat bermanfaat, karena konsep MoU nya link and match dengan industri. Bahkan, buah dari MoU ini, akan diwujudkan dalam bentuk pelatihan sertifikasi pengelasan dan instalasi listrik yang rencananya akan digelar dalam waktu dekat ini.

“Pelatihan dan sertifikasi ini juga dapat membantu perusahaan dalam meningkatkan kualitas tenaga kerja. Bagi masyarakat di lingkungan PT Semen Padang yang belum bekerja atau sedang mencari pekerjaan, bisa memanfaatkan peluang pelatihan dan sertifikasi ini,” katanya, didampingi Kepala Departemen Komunikasi & Hukum Perusahaan Oktoweri dan Kepala Unit CSR Rinold Thamrin.

Terkait MoU tersebut, Plt Kepala BLK Padang Afridamon turut mengapresiasi karena PT Semen Padang berkedudukan di Kota Padang, sehingga ke depan tentu akan bersinergi dengan BLK Padang dalam mempersiapkan tenaga kerja terampil.

“Kami di BLK Padang siap memfasilitasi pelatihan dan sertifikasi tenaga kerja yang tentunya bermanfaat bagi PT Semen Padang. Menurut kami, MoU ini menandakan bahwa PT Semen Padang juga satu visi dengan kami di BLK Padang, yaitu mempersiapkan tenaga kerja yang terampil,” katanya.

Ada pun Menaker Ida, turut menyampaikan apresiasinya kepada dunia industri yang telah menunjukkan komitmen membangun SDM Indonesia melalui kerja sama dengan pemerintah.

“Keberadaan industri sebagai mitra, dapat memberikan masukan atas kebutuhan keterampilan di industri, membantu memberikan masukan atas kekurangan keterampilan tenaga pengajar atau instruktur pelatihan, perkembangan peralatan yang digunakan di industri, bahkan softskills apa saja yang dibutuhkan oleh industri,” kata Menaker Ida. (h/rel)

Exit mobile version