HARIANHALUAN.ID – Telkomsel kembali menggelar IndonesiaNEXT, sebuah program tanggungjawab sosial perusahaan yang membuka peluang lebih luas bagi seluruh pemuda Indonesia, untuk meningkatkan kompetensi, keterampilan dan kapabilitas digital mereka agar dapat menjadi talenta digital berkualitas dan berdaya saing global.
Selama tujuh tahun terakhir, IndonesiaNEXT secara konsisten berfokus pada pengembangan digital skills dengan menunjang perolehan sertifikasi keahlian bagi mahasiswa, baik sertifikasi internasional User Interface & User Experience (UI/UX), Google Search Engine Optimization (SEO), Adobe Illustrator & Photoshop, Microsoft Power Point & Excel, maupun sertifikasi nasional digital marketing dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).
Bergulirnya penyelenggaraan tahun ketujuh IndonesiaNEXT dengan tema ’We are the NEXT’ ditandai dengan pelaksanaan Kick-Off IndonesiaNEXT Season 7 di Jakarta, beberapa hari yang lalu.
Vice President Corporate Communications Telkomsel, Saki H. Bramono mengatakan, Indonesia merupakan salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi digital yang paling pesat di kawasan Asia Tenggara. Bahkan ekonomi digital Indonesia diprediksi bernilai USD 133 miliar pada 2025 nanti.
Selain itu, menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh Bank Dunia dan McKinsey, selama kurun waktu 2015-2030, di Indonesia dibutuhkan setidaknya 9 juta talenta digital, atau sekitar 600 ribu orang setiap tahun. Untuk itu, pertumbuhan ekonomi digital yang pesat ini harus diimbangi dengan ketersediaan talenta digital yang kompeten.
IndonesiaNEXT menjadi perwujudan komitmen Telkomsel sebagai digital ecosystem enabler, untuk terus berkontribusi membuka peluang meningkatkan kompetensi, keterampilan dan kapabilitas mahasiswa Indonesia, agar dapat menjadi talenta digital yang berkualitas dan berdaya saing global.