Angkat Budaya dan Pariwisata Lokal Minang, Menparekraf Sandiaga Uno Dukung Film Onde Mande!

Menparekraf, Sandiaga Uno bersama para cast film Onde Mande! IST

PADANG, HARIANHALUAN.ID – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno mendukung film “Onde Mande!” yang akan tayang di layar lebar mulai 22 Juni 2023 mendatang.

“Menarik ini, karena ada Danau Maninjau. Ada Desa Sigiran dengan Kelok 44 dan Danau Maninjau. Saya ucapkan terima kasih karena ini mengangkat pariwisata juga nih dan budaya kita, gotong royong,” kata Sandiaga, Senin (5/6).

Dalam kesempatan itu, video trailer film “Onde Mande” juga ditayangkan secara khusus kepada jajaran Kemenparekraf juga sudah melihat video trailer film “Onde Mande” yang ditayangkan secara khusus.

Sandiaga sangat mengapresiasi kehadiran film Onde Mande! sebagai karya sineas berdarah Minang, Paul Fauzan Agusta.

Sandiaga pun memastikan kementeriannya mendukung penuh film Onde Mande! dan menyebut film ini bagus untuk ditonton oleh masyarakat karena menggerakkan ekonomi kreatif serta sektor pariwisata.

“Keren banget, nih, dapet subsektor filmnya dari ekonomi kreatif, dapet promosi destinasi wisatanya juga,” ucap Sandi.

Dalam kesempatan yang sama, Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf, Ni Made Ayu Marthini menyebut pihaknya bakal mengembangkan potensi Danau Maninjau sebagai lokasi pariwisata.

Ia pun menilai film “Onde Mande!” mengusung tema dan genre yang segar di industri perfilman Indonesia.

“Dari kami Kemenparekraf, terutama dari Pemasaran, senang banget. Ini akhirnya ada genre baru di film Indonesia yang tidak melulu itu-itu saja. Dan ini kan ada cerita, ada makanannya, ada lagunya, ada destinasinya, semua jadi satu. Jadi kami ingin sekali ketika film ini meledak, nanti akan banyak sekali orang yang ingin mengunjungi Danau Maninjau,” kata Made.

Ia menambahkan akan mengundang travel agent, online maupun konvensional untuk jualan paket berkunjung ke Danau Maninjau.

“Paket Onde Mande!, jadi makanannya, destinasinya, danaunya, lagu, semua. Kita akan amplifikasi di seluruh jaringan kita. Saya rasa ini prospeknya sangat bagus,” ucapnya menambahkan.

Onde Mande! merupakan film persembahan Visinema yang bekerjasama dengan Gandrvng Films dan Visionari Capital. Film “Onde Mande!” dibintangi oleh sederet aktor dan aktris lintas generasi yang memiliki garis keturunan Minang, yakni Shenina Cinnamon, Emir Mahira, Jajang C Noer, Jose Rizal Manua, Shahabi Sakri, Ajil Ditto dan Musra Dahrizal.

Hadir sebagai film bergenre drama keluarga dan komedi, Onde Mande! fokus mengangkat budaya masyarakat Minangkabau. Panorama alam serta potensi destinasi wisata Sumatera Barat yang ada di film ini pun akan memanjakan mata penonton. Beberapa lokasi wisata yang dihadirkan dalam film Onde Mande! di antaranya Danau Maninjau, Kelok 44 dan Desa Sungai Batang.

“Nilai-nilai yang kami angkat adalah kekeluargaan, dan kecintaan terhadap tanah kelahiran, dan nilai Minangkabau lainnya. Tapi dengan packaging komedi keluarga yang mudah-mudahan menghibur,” kata Paul selaku Sutradara film Onde Mande!.

Tak hanya bercerita latar belakang budaya Minang, film ini bakal memikat penonton dengan alur cerita yang unik dan kocak. Onde Mande! dipastikan seru dan bisa ditonton oleh semua seluruh kalangan masyarakat dan berbagai usia. Selain mengangkat budaya Minang, “Onde

Mande!” juga memuat nilai sosial yakni gotong royong di masyarakat serta nilai kekeluargaan yang menyentuh.

“Justru untuk yang bukan orang Minang harus nonton. Supaya tahu Minang. Di film ini tergambarkan sifat orang Minang dalam menyiasati sesuatu. Tapi tetap punya hati nurani. Boleh belajar dari situ,” ungkap Jajang C Noer.

Film Onde Mande! dijadwalkan tayang serentak di seluruh bioskop pada 22 Juni 2023. (yes)

Exit mobile version