Respon Urang Minang Habis Nonton Film Onde Mande! …. Ngakak Abis Sampai Langsung Beli Lontong Gulai Paku

PADANG, HARIANHALUAN.ID – Film Onde Mande! persembahan Visinema yang bekerjasama dengan Gandrvng Films dan Visionari Capital sukses menghibur para pecinta film, khususnya urang minang asli.

Dari pantauan Haluan saat pemutaran film di Bioskop XXI Transmart Padang, terlihat satu studio tertawa pecah menyimak alur cerita Film Onde Mande!

“Meledaqq kalau kata anak muda sekarang mah. Ketika nonton itu satu studio jadi rame sampe ada yang ngakak heboh juga, tapi malah bikin suasana jadi makin semarak, lelucon-lelucon khas minanh nya juga sampai banget,” ucap Alif salah seorang penonton yang ditemui Haluan, Jumat (23/6).

Tanggapan senada juga disampaikan penonton lainnya Darwina Arhami.

“Film nya sangat relate dengan kehidupan orang minang. Bagaimana musyawarah dalam mencapai mufakat dan tujuan serta penyelesaian masalah suatu kaum atau kampung. Para pemain juga berbaur dan menyatu dengan budaya minang, terutama dalam berdialog. Sebagai orang minang tulen, saya menikmati banget nonton film ini. Pas bagian komedinya saya tertawa kenceng banget, pas momen harunya berkaca-kaca pula mata saya. Ditambah lagi film ini juga menyajikan bagaimana tokoh menjaga dan menjalin kekerabatan sesama keluarga, sosial masyarakat, hingga teman sejawat. Humor-humor ringan Minang juga ditampilkan dengan segar,” ucap dara asli Pasaman ini.

Tanggapan Yessi lain lagi, Ia sampai membeli lontong sayur dan sala lauak selepas menonton film Onde Mande!.

“Kocak. Benar-benar ceritanya mengaduk-aduk perasaan saya, pengambilan gambarnya juga jempol deh, apalagi yang pengambilan gambar makanan. Ini saya langsung beli lontong sayur toping sala lauak. Bener-bener bikin ngiler pas Ni Mar (Shenina) menyajikan lontong sayur gulai paku nya,” ucapnya.

Sementara itu penonton lain, Dewi menilai film ini sebagai sajian paket komplit.

“Filmnya seru komplit ada komedi, ada roman, ada juga sedihnya pas ending sih seru banget. Bikin ikutan mewek penonton. Dan juga keren bercerita tentang bagaimana memajukan nagari yang udah tertinggal dengan caranya tersendiri. Pokoknya komplit banget, pelajaran hidup yang ada di filmnya juga ngena banget. Pool deh,” ucapnya.

Ia mengajak masyarakat lain terutama urang minang untuk menikmati keseruan yang disajikan di film Onde Mande ini.

“Buruan nonton. Recomended banget apalagi musim liburan ini,” tuturnya.

Onde Mande! mengusung tema yang segar dan dibawakan oleh deretan aktor dan aktris top Indonesia seperti Shenina Cinnamon, Emir Mahira, Jajang C Noer, Ajil Ditto, Shahabi Sakri, Jose Rizal Manua dan Musra Dahrizal.

Film “Onde Mande!” bercerita tentang siasat warga di Desa Sigiran, Sumatera Barat dalam memperjuangkan hadiah sayembara senilai 2 miliar rupiah dari perusahaan sabun, meski pemenangnya yang bernama Angku Wan telah meninggal dunia. Demi bisa mendapatkan uang itu, warga desa mencoba untuk menyiasati perusahaan sabun dengan menyusun rencana yang penuh pro dan kontra. Bukan karena keserakahan, hadiah tersebut rencananya akan digunakan untuk tujuan yang mulia, yaitu membangun desa demi kesejahteraan bersama seperti pesan terakhir Angku Wan.

“Film ini bukan cuma fresh tapi nilai yang ditunjukin juga kenceng. Nilai keluarga, budaya dan banyak lagi. Onde Mande! ini tontonan yang menghibur sekaligus mendidik,” ujar Emir Mahira yang berperan sebagai Anwar.

Film Onde Mande! juga diapresiasi Gubernur Masyarakat, Mahyeldi Ansharullah.

“Film ini luar biasa. Salah satu kelebihannya syuting di ranah minang. Tidak hanya menghibur tapi pesan yang diangkat juga sangat dalam, syarat edukasi dan mencerdaskan,” ujarnya. (h/yes)

Exit mobile version