Film Perjalanan Pertama Karya Arief Malin Mudo Sabet Gelar Best Actor AIFFA 2023

SERAWAK, HARIANHALUAN.ID — Film berjudul Perjalanan Pertama, karya penulis skenario dan sutradara muda kebanggan Ranah Minang, Arief Malin Mudo, menjadi pemenang pada kategori Aktor Terbaik ( Best Actor ) dalam ajang Asean International Film Festival and Awards 2023 yang digelar di Hotel Pullman, Kuching, Serawak, Malaysia Jumat (4/8) kemarin.

Peran tokoh Tan, seorang pelukis yang berasal dari sebuah kota besar di Malaysia yang memutuskan pulang kampung bersama cucunya Yahya, yang diperankan aktor cilik Indonesia yakninya Muzakki Ramadhan, berhasil memukau dewan juri AIFFA 2023

Dilansir dari sumber resmi AIFFA 2023, film perjalanan pertama karya Arief Malin Mudo itu, juga berhasil meraih nominasi kategori film terbaik (Best Film). Bersanding dengan enam judul film terbaik dari sejumlah negara lainnya.

Adapun nominator film terbaik pada ajang AIFFA 2023 itu, diantaranya adalah Barbarian Invasion ( Malaysia ), Ginhawa ( Philipina ), Before, Know and Then ( Indonesia ), Prebet Sapu ( Malaysia ), Kargo ( Philipina ) , dan Duan Nago Bogho ( Malaysia ) dan Perjalanan Pertama ( Malaysia & Indonesia ).

Arief Malin Mudo mengatakan, film Perjalanan Pertama yang diproduseri oleh produser Dendi Reynando dan Dato Rosmarayu ini, merupakan film terbaik yang diproduksi oleh dua negara yakni Mahakarya Pictures, Indonesia serta D’Ayu Pictures, Malaysia.


“Perjuangan Dato Ahmad Tamimi menjadi karakter Tan dalam film ini memang sangat panjang. Mulai dari menulis, riset karakter dan tahapan persiapan, saya perlu waktu 3 tahun,” ujar Arief Mudo dalam keterangan tertulis yang diterima Haluan.

Arief menyatakan, proses pembuatan film perjalanan pertama, juga melibatkan serangkaian proses persiapan dan eksplorasi karakter mendalam. Mulai dari pengenalan set, membangun Chemistry dengan pemeran cucu (Muzakki Ramadhan) hingga kepada penyesuian kendaraan,

“Dalam tahap produksi , beliau juga sangat menunjukkan totalitas, bayangkan untuk adegan vespa kebut kebutan di jalan raya dikejar polisi, beliau menolak menggunakan pemeran pengganti. Padahal usia beliau sudah 72 tahun,” ucapnya.

Ia mengaku, seluruh kru asal indonesia dan Malaysia yang terlibat dalam pembuatan film tersebut, sempat deg-degan. Namun pada akhirnya, aktor berusia 72 tahun itu bisa menjalankan perannya dengan sempurna.

“Ternyata beliau berhasil menjalani tantangan fisik akting serta mengaduk-aduk emosi penonton lewat permainan emosional karakter yang dimainkannya,” ucapnya.

“Saya merasa beruntung pernah berkarya bersama dengan Dato Tamimi legenda hidup aktor Malaysia , yang sangat terharu mengangkat trophy Best Actor yang diraihnya lewat film Perjalanan Pertama.” tambahnya.

Diketahui, Festival Film International AIFFA merupakan ajang penganugerahan bagi film-film terbaik se asia tenggara. Selain itu, ajang ini juga menjadi sarana promosi kebudayaan yang menjual lokasi syuting film di negara- negara ASEAN .

Pada tahun-tahun sebelumnya, AIFFA juga pernah memberikan penghargaan pada tokoh tokoh perfilman dunia seperti Jacky Chan, Donnie Yen, Michelle Yeoh, dan Steven Seagal.

Pada tahun ini, rangkaian festival resmi dimulai pada tanggal 2 hingga 4 Agustus 2023. Pada tahun ini, penghargaan khusus Asean Inspiration Award, dinyatakan jatuh pada aktor pemeran film Korea Rain. (*)

Exit mobile version