SBLF Bekali Pemuda Lewat Sumbar Leader Mentoring Camp Selama Dua Bulan

Jajaran mentor yang akan mengampu Sumbar pelatihan kepemudaan “Sumbar Leader Mentoring Camp – 100 Leader, 100 Project” yang ditaja oleh SBLF Riset dan Consultant

PADANG, HALUAN — Sumatra Barat Leadership Forum (SBLF) menyelenggarakan pelatihan kepemudaan selama delapan pekan dengan mengusung tema “Sumbar Leader Mentoring Camp – 100 Leader, 100 Project”. Agenda ini merupakan bagian dari tiga pokok program SBLF yaitu, pendidikan, riset dan kajian, serta survei.

Direktur SBLF Edo Andrefson menjelaskan, program Sumbar Leader Mentoring Camp (SLMC) telah ditabuh pada 12 November 2021 lalu. Teknis pelatihan sendiri terdiri dari dua sesi setiap pekan yang dilaksanakan secara daring via zoom, dan ditutup dengan agenda kemah atau camp selama satu hari satu malam.

“Kemudian, selama satu bulan terakhir, itu dipadatkan untuk aksi pengimplementasian oleh peserta pada lembaga masing-masing, atau di tengah masyarakat, dengan monitoring dan evaluasi tetap dilaksanakan oleh mentor,” ucap Edo kepada Haluan, Rabu (17/11).

Terhitung, kegiatan ini berlangsung sejak November dan berakhir pada Januari 2022 mendatang. Selama pelatihan, peserta akan mendapatkan materi dari para mentor, praktisi, serta dari kalangan profesional, yang semuanya diikuti peserta tanpa harus merogoh kocek, alias gratis.

“Pada proses awal pendaftaran, kami targetkan 100 peserta yang bergabung. Namun, sudah 200 peserta yang mendaftarkan,” kata Edo lagi.

Edo merincikan, program pelatihan ini terdiri dari empat kelas mentoring, yaitu kelas politik, kewirausahaan, kepeloporan, dan kelas pemberdayaan nagari. Diharapkan, melalui program ini para peserta akan memiliki semangat baru pada ranah aktivitas masing-masing, serta akan menghadirkan berbagai kolaborasi yang bermanfaat bagi Sumbar.

Ada pun para mentor yang terlibat mengampu pelatihan ini antara lain, Wakil Rektor Universitas Paramadina, Dr. Handi Risza, SE, M.EC; Akademisi Universitas Mercubuana serta CEO Aktualita, Dr. Irfan Aulia; Akademisi Universitas Mercubuana serta Direktur PT Andalas Bumi Lestari, Dr. Adli; dan Pemerhati Nagari serta Mantan Anggota DPRD Sumbar Sultani, S.Pt, M.Si.

“Selain diisi para mentor berkompeten, program ini juga menghadirkan beberapa keynote speaker seperti, Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah, Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy, serta Gubernur Sumbar periode 2010-2020 Prof. Irwan Prayitno,” ucap Edo yang bertindak selaku Leader Program pada pelatihan ini. (h/mg-rga)

Exit mobile version