Bakar Semangat Ribuan Mahasiswa Baru UBH, GM PLN Sumbar Toni Wahyu: Sukses Itu Harus Dimulai dari Sekarang!

GM PLN Motivasi Mahasiswa Baru UBH, Sukses Harus Dimulai Dari Sekarang

HARIANHALUAN.id – General Manager PLN UIW Sumbar Toni Wahyu Wibowo meriahkan gelaran Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKBM) 2022 Universitas Bung Hatta, Kamis (08/09) di lapangan Kampus Proklamator UBH, Jl Sumatera Ulak Karang Kota Padang.

Pada kegiatan yang membawa tema: “Bung Hatta Muda Pejuang Tangguh dan Pemikir yang Visioner” itu, General Manager PLN UIW Sumbar menjadi satu dari beberapa tokoh Sumbar dan nasional yang hadir memberikan materi motivasi.

Kehadiran General Manager PLN UIW Sumbar disambut hangat oleh Rektor UBH, Prof. Dr. Tafdil Husni, SE MBA. Dalam kesempatan tersebut turut hadir Kepala Dinas Pendidikan Sumbar Barlius dan Walikota Padang 1993-2003 yang juga Pembina Yayasan UBH Zuiyen Rais.

Kepada ribuan mahasiswa baru angkatan 2022 UBH pagi itu, Toni menyampaikan bahwa generasi sekarang harus berlatih siap dengan keadaan dan tempahan keras. Karena ada harga yang harus dibayar dari setiap pencapaian.

“Sukses mesti dimulai dari sekarang, dari sejak muda, dari sejak mengawali pendidikan. Dan dibutuhkan kerja keras untuk meraihnya. Untuk itu, biasakan dirimu dengan kesulitan dan keadaan yang keras. Hindari mengeluh, dan tampillah menjadi pemenang,” sampainya.

Mengambil perumpaan teflon anti lengket, Toni pun menyampaikan bahwa tantangan generasi sekarang adalah dapat menyerap informasi yang aktual dan terpercaya, mengingat saat ini akses informasi bisa diperoleh dengan sangat cepat sehingga membutuhkan pemikiran dan kecerdasan untuk memfilter informasi tersebut.

“Umpama teflon, jadilah tidak seperti teflon, yang tidak lengket dengan apapun yang diolah diatasnya. Namun sebaliknya, ambil informasi yang benar, dari seluruh pemateri, dosen, dan instruktur. Serap dan lengketkan di dalam diri kalian masing-masing,” tegas Toni kemudian.

Di tengah serbuan informasi, sebut Toni kemudian, mahasiswa harus cerdas menyerap yang baik untuk masa depannya. Pun demikian, keadaan ini dapat menjadi peluang untuk selangkah di depan dalam akses materi pembelajaran.

“Orang pandai dalam akademis bukan hanya karena cerdas secara IQ, namun juga memiliki usaha lebih dalam belajar. Sekarang akses untuk belajar dan akses informasi sangat luas, maka manfaatkan peluang ini untuk menjadi mahasiswa yang bisa bersaing,” lanjutnya.

Usai penyampaian motivasi oleh Toni, UBH gelar presentasi penampilan berbagai Unik Kegiatan Mahasiswa (UKM) di lingkungan kampus tersebut, menyusul penampilan perwakilan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dari masing-masing fakultas.

Di sela-sela acara, Rektor UBH, Prof. Dr. Tafdil Husni, SE MBA menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran dan partisipasi Toni dalam gelaran tahunan UBH ini. “Suatu kehormatan bagi kami Pak GM berkenan memberikan sharing ilmu dan motivasi kepada ananda mahasiswa baru. Semoga menjadi pemantik semangat dan membentuk Bung Hatta Muda yang lebih berkualitas,” ungkapnya kemudian. (*)

Exit mobile version