Wisuda 1.170 Lulusan! Ini Pesan Menyentuh Direktur Politeknik Negeri Padang, Surfa Yondri

HARIANHALUAN.id – Politeknik Negeri Padang (PNP) menggelar wisuda Angkatan 62 hari ini, Sabtu (17/09/22) di Auditorium Universitas Andalas. Ada 1.170 lulusan yang diwisuda hari ini dari seluruh jurusan di PNP.

“Berhubung Gedung PKM PNP sedang direnovasi, maka Wisuda kali ini kita adakan di Auditorium Unand ini. Semoga ini tidak mengurangi hikmatnya wisuda baik bagi wisudawan maupun keluarga,” ujar Direktur PNP Surfa Yondri dalam amanat wisuda tersebut.

Lebih lanjut dikatakanya, wisuda 62 hari ini diikuti oleh 1.170 orang Wisudawan  yang berasal dari Diploma III, Sarjana Terapan/Diploma IV dan Wisuda Perdana Program Magister Terapan Sistim Informasi Akuntansi. Dengan demikian jumlah lulusan Politeknik Negeri Padang saat ini berjumlah  25.364 orang.

“Alhamdulillah, berdasarkan tracer study dan komunikasi yang kita lakukan para alumni  telah tersebar di berbagai instansi pemerintah, BUMN, perusahaan swasta nasional dan internasional,” sebut Yondri.

Dihadapan wisudawan/wati dan orang tua, Direktur PNP berpesan, dengan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki, lulusan PNP diminta mengamalkan tengah-tengahq masyarkat melalui karya – karya inovatif dan kreatif serta memberikan solusi dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Ingat! Lanjut Surfa Yondri, periode wisuda saat ini berada dalam situasi perekonomian yang sedang berusaha pulih dari pandemic Covid 19. Bappenas RI dan BPS mencatat bahwa pertumbuhan ekonomi 2021 hanya bisa tumbuh 3,69 persen, sehingga  pembukaan lapangan kerja belum mampu mengatasi peningkatan jumlah angkatan kerja baru.

Angkatan kerja kita banyak di sektor pertanian, kehutanan dan perikanan namun lapangan pekerjaan yang mengalami peningkatan persentase terbesar adalah sektor industri pengolahan (0,65 persen poin). Sementara lapangan pekerjaan yang mengalami penurunan terbesar yaitu Sektor Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan (1,43 persen poin).

Secara demografi ketenagakerjaan, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat ada 135,61 juta penduduk bekerja pada Februari 2022. Mayoritasnya atau 29,96% terserap di sektor pertanian 19,03 % di sektor perdagangan, 13,77 % di sektor industri,7,11 % ada pada sektor akomodasi dan makanan dan minuman, 6,04% di sektor konstruksi, 4,89 % di sektor pendidikan, jasa lainnya 4,34%, lalu sektor transportasi dan pergudangan 4,21%, dan beberapa di sektor lainnya.

“Data ini menjadi penting untuk dicermati oleh wisudawan untuk melihat peluang kerja pada berbagai sektor yang ada sesuai dengan keahlian yang dimiliki. Kami ingin mengingatkan Wisudawan untuk memiliki dan terus meningkatkan  competitive advantage (keunggulan bersaing) yakni SDM yang adaptif, fleksibel, kreatif, innovatif, menguasai IT, menguasai Bahasa Internasional, komunikatif, punya sikap leadership yang tinggi, kritis dan punya kemampuan high order thinking,” pesan Yondri.

Dia menambahkan, wisudawan hari ini telah memiliki beberapa kemampuan yang dibuktikan dengan banyaknya Wisudawan yang telah diterima bekerja sebelum lulus. Seperti yang dialami oleh 39 orang Lulusan Prodi Teknik Alat Berat Jurusan Teknik Mesin yang diterima di PT. Trakindo. 25 orang  mahasiswa Program studi Teknik Listrik Jurusan Teknik Elektro diterima bekerja PT. PLN (Persero) dan 5 orang di Industri. 7 Orang dari Jurusan Akuntansi diterima di Kantor Akuntan Publik. 11 orang dari Jurusan Teknologi Informasi diterima di perusahaan IT, 3 orang mahasiswa Jurusan Teknik Sipil diterima di Dinas Pekerjaan Umum dan Kontraktor Sipil. Serta 5 orang dari Jurusan Adm. Niaga dan 2 Orang Jurusan Bahasa Inggris.

“Hal yang membahagiakan adalah lulusnya 7 orang Mahasiswa Politeknik dalam program IVOSMA dan mendapatkan kesempatan belajar di universitas ternama di luar negeri,” tambahnya. (*)

Exit mobile version