35 Tahun Politeknik Negeri Padang! Dulu Bagian dari Universitas Andalas, Kini Jadi Kampus Vokasi Terkemuka di Luar Jawa

Direktur PNP, DR. Surfa Yondri SST
Direktur PNP, DR. Surfa Yondri SST

HARIANHALUAN.id – Politeknik Negeri Padang (PNP) peringati Dies Natalis ke 35 dengan Tema “PNP Jaya, Vokasi Berjaya, Masyarakat Sejahtera”.

Direktur Politeknik Negeri Padang, Surfa Yondri dalam sambutanya pada peringatan Dies Natalis ke-35 mengatakan, tema itu diambil sebagai tekad Politeknik Negeri Padang untuk terus meningkatkan kualitas layanan pendidikan vokasi sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Agar terus berperan di masyarakat, Politeknik Negeri Padang bertekad untuk selalu kreatif dan berinovasi sehingga menghasilkan produk nyata yang bermanfaat bagi masyarakat.

Hal ini sejalan dengan  pesan Presiden Republik Indonesia bahwa Lulusan Perguruan Tinggi Vokasi harus memiliki jiwa kompetitif baik tingkat regional dan global. SDM yang kompetetitf berarti kompetitif dalam hal karakter yakni pekerja keras/kreatif, jujur, solutif, kolaboratif dan entrepreneurship dan SDM yang menguasai the emerging skills yang mampu mengisi the emerging jobs dan inovatif dan mampu membangun  the emerging business.

Berikut beberapa poin Sambutan Direktur PNP, Surfa Yondri.

Sejarah Singkat

Pada 35 tahun yang lalu, Pendirian Politeknik Negeri Padang dimulai dengan nama Politeknik Engineering Universitas Andalas. Kemudian berubah menjadi Politeknik Universitas Andalas  dan  menjadi Perguruan Tinggi Mandiri pada tahun 2014 dengan nama Politeknik Negeri Padang sesuai Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 7 tahun 2014 tentang Organisasi dan Tata Kerja Politeknik Negeri Padang.

Terima Kasih Unand

Direktur PNP mengucapkan terima kasih kepada Rektor beserta civitas akademika Universitas Andalas Padang atas pembinaan yang telah dilakukan sehingga Politeknik Negeri Padang bisa mandiri dan berkembang seperti saat ini.

Manajemen PNP juga mengucapkan terima kasih kepada Direktur Politeknik Universitas Andalas dan Direktur Politeknik Negeri Padang Periode terdahulu yang telah memimpin dan membawa Politeknik Negeri Padang maju dan berkembang seperti kondisi saat ini.

Peningkatan Status BLU

Memasuki usia ke 35 tahun Politeknik Negeri Padang terus melakukan peningkatan kapasitas dan kapabilitas dalam upaya ikut mencerdaskan kehidupan bangsa, menguatkan pendidikan vokasi karena Vokasi kuat akan menguatkan Indonesia. Penguatan Politeknik Negeri Padang difokuskan maka penguatan kelembagaan, sumber daya serta link and match dengan dunia industri.

Penguatan kelembagaan dilaksanakan melalui pembukaan program studi baru, peningkatan akreditasi program studi, usulan peningkatan status pengelolaan menjadi Badan Layanan Umum (BLU), menjadikan PNP sebagai Zona Integritas dan Wilayah Bebas Korupsi (ZI WBK).

Jurusan dan Program Studi

Saat ini PNP memiliki 7 Jurusan dan 33 program studi. Mulai dari jenjang Diploma 2, Diploma 3, Sarjana Terapan/Diploma 4 dan Magister Terapan. Pada tahun 2022 ini PNP telah membuka Program Magister Restorasi Jalan dan Jembatan pada Jurusan Teknik Sipil, ini melengkapi jumlah program studi Magister Terapan yang telah ada pada Program Studi Magister Terapan Sistim Informasi Akuntansi yang ada pada Jurusan Akuntansi.

Tahun ini juga sedang  mengusulkan pembukaan Diploma II jalur cepat Administrasi Jaringan Komputer pada Jurusan Teknologi Informasi yang diselenggarakan melalui kerjasama dengan dunia industri. Pada Jurusan Administrasi Niaga PNP telah melaksanakan Upgrade Program Diploma III menjadi Diploma IV Usaha Perjalanan Wisata dan telah dilaksanakan survailance oleh BAN PT dengan hasil Baik.

Penjamin Mutu dan Akreditasi

Sebagai bentuk penjaminan mutu eksternal, PNP terus berupaya untuk meningkatkan akreditasi program studi yang ada baik melalui BAN PT, maupun Lembaga Akreditasi Mandiri sesuai bidang keahlian. Saat ini tercatat 3 Program Studi telah terakreditasi A/Unggul yakni D3 Teknik Sipil, D3 Akuntansi dan D4 Akuntansi. Kami mendorong setiap program studi untuk terus berupaya meningkatkan akreditasi sehingga kepercayaan masyarakat kepada PNP akan semakin meningkat.

Minat Masuk Terus Meningkat

Kepercayaan masyarakat dan industri kepada PNP semakin hari semakin baik sehingga PNP telah menjadi pilihan bagi masyarakat untuk melanjutkan pendidikan putra – putrinya.

Pada tahun 2022 jumlah peminat masuk Politeknik Negeri Padang adalah 28.615 orang, dan sesuai arahan Kementerian dalam hal ini Ditjen Pendidikan Vokasi, maka pada tahun ini kita menerima mahasiswa baru sebanyak 2.264 orang dengan keketatan 1 : 15. Sehingga jumlah mahasiswa aktif saat ini adalah 6.008 orang.

Kelas Kerjasama

Kepercayaan masyarakat juga dibuktikan dengan adanya program studi diselenggarakan bersama dunia industri yakni PT. PLN (Persero), PT. Trakindo dan Pemerintah Daerah yakni Kota Pariaman, Kota Padang Panjang dan Kabupaten  Mentawai disamping Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Solok Selatan dan Kabupaten Pelalawan yang bekerjasama dalam kegiatan Program Studi Diluar Kampus Utama (PSDKU).

Pada Wisuda 2 September 2022 yang lalu, sebanyak 38 orang Lulusan Prodi Teknik Alat Berat Jurusan Teknik Mesin telah diterima bekerja di PT. Trakindo sebelum melaksanakan wisuda, begitu juga dengan beberapa lulusan lainnya.  Hal ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran yang kita laksanakan telah diakui oleh dunia industri.

Pengembangan SDM

Pengembangan program studi yang ada di Politeknik Negeri Padang sangat dimungkinkan jika dikaitkan dengan kuantitas dan kualitas staf pengajar yang berjumlah 340 orang dengan kualifikasi S3 atau Doktor sebanyak 35 orang, sedang melanjutkan S3 sebanyak 32 orang, berkualifikasi S2 sebanyak 293 orang. Politeknik Negeri Padang berkomitmen untuk terus mendorong staf pengajar dalam melanjutkan pendidikan melalui pengalokasian anggaran bantuan studi lanjut S3 kepada dosen, mengupayakan pendanaan dari sumber lainnya dan fasilitasi dalam pengurusan guru besar.

Dari jenjang fungsional akademik,  Politeknik Negeri Padang telah memiliki 1 orang Guru Besar atas nama Prof. Dr. Dra. Yuli Yetri,M.Si dari Jurusan Teknik Mesin. “Kami mendorong Bapak/Ibu staf pengajar yang telah bergelar S3 untuk segera menjadi Guru Besar.  Tenaga kependidikan sebanyak  158 orang, 18 orang diantaranya berpendidikan S2,” sambung Surfa Yondri.

Pengembangan sumber daya manusia selain melalui Sekolah Lanjut juga dilaksanakan dalam bentuk Sertifikasi Kompetensi sesuai bidang keahlian yang dilaksanakan melalui Hibah dari Kementerian. Tahun ini tercatat 20 orang Dosen mendapatkan Hibah Sertifikasi Kompetensi dalam negeri sementara 3 orang yakni Andi Syukri (Teknik Sipil) mengikuti Sertikom di Arizona State University, Alde Alanda (Teknologi Informasi) di TUD FaCE TU Dresden Institute For Future and Continuing Education GMBH di Belanda, Cipto Prabowo (Teknologi Informasi) di City of  Glasgow College.

Pencapaian terbaik juga dicapai oleh Dr. Hendrick (Teknologi Informasi) yang telah diangkat sebagai dosen di Perguruan Tinggi di Taiwan.

Banyak Dosen PNP yang berkiprah di luar institusi dan menghasilkan karya karya yang bermanfaat bagi masyarakat. Tahun 2022 ini  2 kelompok Dosen yang diketuai oleh Fahrul Rozi dan Hendrik berhasil mendapatkan bantuan pendanaan program melalui Program Matching Fund yang dilaksanakan bersama industri.

Dana Hibah dan Pengembangan Studi

Untuk pengembangan Program Studi pada Tahun 2022, PNP memperoleh Hibah Competetive Fund pada Jurusan Teknologi Informasi untuk pembukaan program studi D2 Fast Track Administrasi Jaringan, Jurusan Teknik Elektro pada program studi D2 Fast Track Instalasi Kabel Tegangan Rendah, dan D3 Teknik Telekomunikasi. Dan kedepan kita merencanakan untuk membuka program studi Bisnis Digital dan Program Studi Mekatronika

Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar

Melalui Program Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar, Pembelajaran Teaching Factory, Project Based Learning dan Problem Based Learning diharapkan akan semakin mendekatkan Politeknik dengan dunia industri. Untuk itu Kami mendorong semua program studi untuk bekerjasama dengan industri yang relevan sehingga kemajuan dunia industri yang sangat cepat dapat kita ikuti.

Penguatan kualitas juga diberikan kepada lulusan melalui sertifikasi yang dilaksanakan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) 1 Politeknik Negeri Padang yang telah berlisensi BNSP semenjak tanggal 31 Mei 2016.

Peningkatan Sarpras

Dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan, Kami terus melakukan peningkatan kualitas sarana dan prasarana pendidikan yang ada di kelas, labor/bengkel yang sesuai dengan dunia industri. Kita juga terus mengupayakan adanya bantuan peralatan pendidikan seperti yang pernah kita dapatkan dari PT. Trakindo, PT. Vortec yang tentunya diperoleh sebagai dampak dari kerjasama yang baik yang telah terjalin saat ini.

Pengembangan Politeknik Negeri Padang juga membutuhkan lahan yang lebih luas, untuk itu saat ini sedang mengupayakan pendanaan yang berasal dari berbagai sumber untuk melakukan pembangunan Gedung Kampus pada lahan seluas 38 ha yang telah disediakan Pemkab. Padang Pariaman di Kawasan Tarok City.

Dukungan Alumni

Sebagai pendidikan vokasional, Pengembangan pendidikan di politeknik harus selalu dekat dengan dunia industri baik dalam hal proses pendidikan maupun penyaluran alumni. Fenomena yang terjadi menunjukkan bahwa dari tahun ke tahun Politeknik selalu mendapatkan kerjasama dengan dunia industri dan stakeholder lainnya termasuk dukungan alumni.

Alumni Politeknik Negeri Padang saat tercatat sebanyak 25.356 orang dan telah tersebar di berbagai perusahaan nasional, internasional dan mereka bernaung dalam Ikatan Alumni Politeknik Negeri Padang.

PNP sangat mengapresiasi berbagai kiprah yang dilaksanakan oleh  Ikatan Alumni Politeknik Negeri Padang  melalui Program Alumni Mengajar dimana Alumni Politeknik Negeri Padang secara berkala menjadi narasumber dalam kuliah – kuliah praktisi yang diadakan di Politeknik. Kegiatan ini disamping memberikan transfer of knowledge  juga diharapkan sebagai ajang motivasi bagi mahasiswa aktif serta silaturahmi dengan almamater. Pada Wisuda 2 September 2022 yang lalu Alumni telah menyerahkan bantuan beasiswa senilai 30 juta  disamping  Alumni juga merekrut langsung dan membantu dalam penyerapan lulusan Politeknik Negeri Padang.

Pengabdian Masyarakat

Disamping menyelenggarakan pendidikan, Politeknik Negeri Padang juga terus mendorong dosen untuk melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat dengan memanfaatkan sumber dana baik dari Kemdikbudristek, Dana DIPA, Kerjasama dengan Industri.

Saat ini Politeknik Negeri Padang termasuk dalam Cluster  Utama untuk Penelitian dan Cluster Sangat Bagus untuk Pengabdian Masyarakat. Untuk SINTA, PNP berada pada rangking 11 untuk afiliasi Politeknik, PNP memiliki 11 Jurnal  dengan 1 Jurnal Terindeks SCOPUS, 7 terakreditasi SINTA.

Produktivitas dosen dalam melaksanakan penelitian dan pengabdian masyarakat setiap tahun terus meningkat, dimana 8 orang Dosen memperoleh Hibah Penelitian dari Kementrian, 101 orang Dosen memperoleh pendanaan dari DIPA PNP, 60 judul pengabdian masyarakat mendapatkan pendanaan dari DIPA PNP. Dalam hal publikasi ilmiah tercatat pada tahun 2022 ada 19 artikel yang terindeks Scopus, 62 artikel terindeks Garuda, 187 artikel terindeks Google Scholar.

Pada tahun 2022 ini Dosen PNP mampu menghasilkan 10 Buku, melakukan pembinaan pada 4 Nagari Binaan dan Hibah Alat Teknolog Tepat Guna hasil penelitian sebanyak 10 alat.

Hal ini menunjukkan produktivitas Dosen yang cukup tinggi dalam melaksanakan Tridharma perguruan tinggi. Politeknik Negeri Padang berkomitmen untuk meningkatkan alokasi anggaran untuk mendukung penelitian dan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh staf pengajar dan mahasiswa.

Reformasi Birokrasi

Seiring dengan usia yang mencapai 35 tahun, Politeknik Negeri Padang terus berupaya meningkatkan tata kelola pendidikan melalui reformasi birokrasi untuk memberikan pelayanan yang akuntabel kepada stakeholder.  PNP bertekad memberikan pelayanan yang optimal kepada stakeholder melalui Pencanangan Zona Integritas (ZI) dan Wilayah Bebas Korupsi (WBK).

Pengelolaan lembaga yang baik akan meningkatkan Citra dan kepercayaan masyarakat kepada Politeknik Negeri Padang. Hal ini dapat dibuktikan dengan ditugaskannya Politeknik Negeri Padang  sebagai Perguruan Tinggi Mitra oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi untuk melatih Lulusan SMK dalam Program Digital Talent Scholarship 2022 (pelaksaaan penugasan tahun ke 4), penugasan Politeknik Negeri Padang sebagai Pendamping Program SMK Pusat Keunggulan oleh Direktorat Pembinaan SMK Kemdikbudristek pada 13 SMK Sertifikasi Kompetensi Mahasiswa dari Balai Besar Aceh.

Kantor Urusan Internasional

Untuk mencapai Visi yang berwawasan Internasional serta tantangan dari berlakunya Masyarakat Ekonomi ASEAN, peningkatan kerjasama luar negeri terus kita laksanakan. Untuk itu Politeknik Negeri Padang telah membentuk Kantor Urusan Internasional (KUI) untuk memfasilitasi kerjasama dengan Perguruan Tinggi Luar Negeri. Kampus sedang menjajaki kerjasama dengan beberapa PT Luar Negeri dalam bentuk Credit Transfer, lecturer exchange dan joint research.

Pada Tahun 2022 ini Tujuh orang mahasiswa Politeknik Negeri Padang (PNP) berhasil lulus Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) Vokasi 2022. Program ini menjadi salah satu implementasi dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) bagi mahasiswa vokasi di Indonesia untuk belajar selama satu semester di kampus luar negeri sekaligus magang di industri yang menjadi mitra kampus tersebut. Ketujuh orang mahasiswa tersebut adalah Pascal H. (D3 Bahasa Inggris) ke University of Strathclyde, Glasgow, UK, Ni Made Dwi Bintang (D3 Bahasa Inggris) ke Kangwon National University South Korea, Nurul Aini Fadhilah (D4 Akuntansi) ke IU International University of Applied Science Germany, Alvin Fadli Dwi Mulya (D4 TRPL) ke IU International University of Applied Science Germany, Denisa Rahmi Syaifani (DI4 PIR) ke National Pingtung University of Science and Technology Taiwan, dan Abqori Abrar Kurniawan (D4 TRIL) ke University of Nottingham, UK, dan Hamzah Nurhadi (D4 TRPL) ke Yuan Ze University, Taiwan. Data yang kami perloeh menunjukkan hamper semua jurusan telah mengirim mahasiswa nya ke berbagai Program Luar Negeri, ini berarti Mahasiswa Politeknik Negeri Padang telah siap Go Internasional.

Prestasi Akademik

Pimpinan Politeknik Negeri Padang memberikan apresiaisi dan penghargaan kepada mahasiswa Politeknik Negeri Padang yang telah mengharumkan Nama PNP pada berbagai lomba baik akademik maupun olahraga pada tingkat regional, nasional maupun internasional.

Mahasiswa Kita telah berprestasi pada Ajang Kontes Robot Regional, Porseni Politeknik Tahun 2022, Lomba Karya Ilmiah Vokasi Bidang Akuntansi ke V di Malang, serta ASEAN University Games cabag olahraga  Pencak Silat di Thailand, dan berhasil medali emas. Untuk itu kami ucapkan Selamat kepada Mahasiswa dan Dosen Pembina yang telah sukses meraih prestasi.

Terima Kasih kepada Civitas Akademika PNP

Terima kasih kepada Bapak/Ibu pensiunan/purna tugas Politeknik Negeri Padang (Lena Susanti, Afrizal, Syafrizal, Syamsuir B), yang telah mengabdikan dirinya di Politeknik Negeri Padang, semoga pengabdian yang Bapak/Ibu berikan mendapatkan pahala dari Allah SWT. Dan kami mewakili segenap civitas akademika memohon maaf, apabila ada hal-hal yang kurang berkenan.

Terima kasih kami ucapkan kepada seluruh keluarga besar Politeknik Negeri Padang yang telah berbuat yang terbaik sesuai tugas dan fungsinya masing – masing. Marilah kita wujudkan rasa syukur dengan terus meningkatkan sinergi yang solutif, kreatifitas, kolabrasi dalam memberikan yang terbaik untuk anak bangsa. Akhirnya, Kepada Segenap Civitas Akademi Politeknik Negeri Padang Saya ucapkan Selamat Dies Natalis.

“Mari kita tingkatkan pengabdian terbaik untuk Politeknik yang kita cintai ini. Dirgahayu Politeknik Negeri Padang!,” ujar Surfa Yondri dipenghujung sambutanya. (*)

Exit mobile version