Besok, Ketua Aptisi Wilayah X-A Sumbar Dikukuhkan

HARIANHALUAN.ID – Setelah melakukan Musyawarah Wilayah (Muswil) VI pada Juni 2022, Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi) Wilayah X-A Sumatra Barat (Sumbar) terpilih, Hendri Novrianto MT dikukuhkan, Rabu (16/11/2022).

Pengukuhan Ketua APTISI periode 2022-2026 dilakukan di Kampus Bung Hatta Padang, sekaligus rakerwil yang dilakukan pada hari yang sama.

Hendri Novrianto mengatakan, dengan adanya pengukuhan pengurus baru ini artinya ada semangat yang baru. Ia berharap, dengan semangat yang baru akan membentuk kerja sama yang baik untuk mengembangkan PTS yang ada di Sumbar ini.

“Program kerja yang dilakukan tidak muluk-muluk, bagaimana bisa mengangkat kualitas dan kuantitas PTS yang ada di Sumbar. Karena, dari jumlah PTS yang ada di Sumbar sebanyak 93, baru 60 yang terakreditasi. Sisanya 33 masih belum pernah mengajukan. Artinya, ini yang perlu kita angkat, minimal B atau unggul,” ujar Hendri, Selasa (15/11/2022).

Ia mengatakan, akan mencoba menyamaratakan kuantitas. Artinya, sama-sama naik masalah kuantitasnya dan kualitas itu menjadi program, yaitu sharing antara perguruan tinggi yang maju dengan perguruan tinggi yang ingin maju. Caranya sharing seperti pelatihan, tukar pikiran dan pertukaran pelajar.

Kemudian Hendri juga menambahkan, bahwa Aptisi Wilayah X-A itu membutuhkan media untuk bisa mendukung berjalannya kinerja bagi Aptisi, serta membantu dalam memberikan informasi kepada masyarakat itu sendiri.

“Teknologi yang sangat luar biasa saat ini tanpa disadari mengubah cara berpikir dan bertindak untuk seluruh kegiatan yang ada di dunia, termasuk sudah dua tahun mengalami pandemi ini kuliah berubah dari sebelumnya tatap muka menjadi daring,” ujarnya.

Hendri menginginkan adanya peningkatan terhadap kualitas perguruan tinggi di Sumbar yang harus dikawal secara bersama-sama. Pihaknya akan menumbuhkembangkan dan menyosialisasikan kepada rekan-rekan dari PTS yang lainnya.

Sementara itu, Ketua Aptisi sebelumnya Zulfa Eff Uli Ras mengatakan, rapat pemilihan pejabat ketua sudah mulai dilakukan pada 11 Desember 2020 yang dilakukan secara daring dan lengkap dihadiri pengurus, serta dibuka oleh Ketua Umum Budi Djatmiko.

Kemudian berdasarkan Surat Keputusan Nomor: 77/SK/PP-APTISI/XII/2020 tanggal 14 Desember 2020 keluarlah penetapan pejabat ketua. Namun karena pandemi Covid-19 yang masih mengganas sampai Desember 2021, maka rapat tatap muka langsung baru dilaksanakan pada 21 Januari 2022 di Kampus UPI YPTK di Gedung UPI Convention Center.

Rapat membahas beberapa permasalahan yang dihadapi PTS Sumbar saat sekaligus membahas rencana muswil, serta pemilihan ketua Aptisi yang baru.

“Melalui muswil, diharapkan ini bisa dijadikan sebagai permasalahan pokok yang akan jadi kerangka program kerja akan datang. Diharapkan setelah muswil akan dilanjutkan rakerwil menyusun program kerja oleh pengurus baru Aptisi Wilayah X-A masa bakti 2022-2026,” ujar Zulfa. (*)

Exit mobile version