Tingkatkan Minat Baca, PPM UM Sumbar Gelar Pengabdian di SD Muhammadiyah XI Abdul Muis

HARIANHALUAN.ID – Tim Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UM Sumbar) menggelar pengabdian masyarakat di SD Muhammadiyah XI Abdul Muis, Kecamatan Padang Timur.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini dipimpin oleh Vini Wela Septiana, serta beranggotakan Jepri Naldi dosen tetap program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat, serta beberapa orang dosen lainnya.

Bentuk pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh Tim PPM untuk meningkatkan minat baca siswa. Selain itu, sekolah juga jarang menerima program sosialisasi, pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan mutu, serta kompetensi guru ataupun siswa.

“Alasan kami memilih SD ini karena jarangnya sekolah menerima sosialisasi dan pelatihan yang diberikan untuk guru dan siswa,” ujar Ketua PPM, Vini Wela Septiana, Jumat (18/11/2022).

Sebelum memulai pengabdian, lanjut Vini, pihaknya melakukan observasi kepada siswa di SD tersebut. Berdasarkan hasil observasi didapati rendahnya minat membaca siswa, khususnya pada membaca pemahaman.

“Awal observasi kami yaitu pada bulan April, di sana kami menemukan rendah minat baca siswa, serta minimnya sudut baca yang ada di kelas yang dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa,” ucapnya.

Selanjutnya, Tim PPM melakukan survei terhadap minat dan kemampuan membaca pemahaman melalui kegiatan Anticipation Guide. Kegiatan ini meminta siswa menemukan gagasan utama dan ide pokok, serta menceritakan kembali dengan bahasa sendiri terkait isi teks wacana.

“Kami melakukan kegiatan ini dari Mei hingga November 2022. Saat kami melakukan kegiatan ini, siswa sangat antusias dan cukup kooperatif selama kegiatan berlangsung, ini dapat memunculkan motivasi baca siswa,” ucapnya.

Tidak hanya sampai di situ, Vini menyebut, pihaknya juga membuat sudut baca pada kelas yang dibantu oleh guru dan murid SD Muhammadiyah XI Abdul Muis Padang Timur. Sudut baca ini bertujuan agar dapat meningkatkan minat baca siswa karena variatifnya jumlah bacaan.

“Kita juga donasikan satu rak buku dan buku-buku anak SD berupa sains, bahasa, matematika, serta poster tarian dan rumah adat untuk melengkapi kegiatan PPM Increasing Reading Interest,” tuturnya.

Vini berharap dengan adanya pengabdian masyarakat di SD Muhammadiyah XI Abdul Muis dapat meningkatkan minat baca siswa, apalagi sekolah sudah dilengkapi dengan buku-buku menarik sesuai bacaan usia siswa sekolah dasar. (*)

Exit mobile version