Tim PKM Prodi Sastra Inggris UBH Berikan Pelatihan Digital Marketing dan Pengeksporan Produk Makanan Tradisional

UBH

Para peserta pelatihan digital marketing dan pengeskporan yang digelar Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Prodi Sastra Inggris Fakultas Ilmu Budaya Universitas Bung Hatta, berfoto bersama usai kegiatan, Jumat (16/12/2022) di Hotel Grand Bunda Bukittinggi. IST

HARIANHALUAN.ID – Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Prodi Sastra Inggris Fakultas Ilmu Budaya Universitas Bung Hatta (UBH) sukses membantu Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Sumbar untuk naik ke kelas yang lebih tinggi.

Upaya meningkatkan kualitas UMKM tersebut, dibuktikan Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Prodi Sastra Inggris Fakultas Ilmu Budaya Universitas Bung Hatta, yang telah menyelesaikan rangkaian kegiatan kemandirian masyarakat. Kegiatan ini merupakan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan dengan pendanaan dari program intensif terintegrasi dengan MBKM berbasis IKU bagi perguruan tinggi.

Program ini bertujuan membantu mitra UMKM untuk meningkatkan kualitas branding produk makanan tradisional, dengan memperbaiki label kemasan dan mencantumkan komposisi bahan yang digunakan dalam bahasa Inggris.

Tim PKM Prodi Sastra Inggris diketuai oleh Diana Chitra Hasan, Ph.D, sekaligus Dekan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Bung Hatta. Anggota tim PKM juga berasal dari dosen tetap Fakultas Ilmu Budaya Temmy Thamrin, Ph.D, tenaga kependidikan Universitas Bung Hatta dan tiga mahasiswa Sastra Inggris, Fakultas Ilmu Budaya.

Untuk menjunjang kelancaran program ini, Tim PKM Prodi Sastra Inggris mengadakan pelatihan digital marketing dan pengeskporan untuk lima mitra UMKM yang terlibat dalam program ini, yaitu Keripik Balado 4×7 (Padang), Rendang Kokoci (Payakumbuh), Sanjai Nina (Bukittinggi), Ganepo 99 (Payakumbuh), dan Dapoer Rendang Riry (Payakumbuh). 

Pelatihan digital marketing dan pengeksporan ini dilakukan pada Jumat (16/12/2022) di Hotel Grand Bunda Bukittinggi, dengan mendatangkan narasumber dari Institut Seni Indonesia Padang Panjang dan Dinas Perdagangan Kota Padang. Pada pelatihan digital marketing mendatangkan dua narasumber dari Institut Seni Indonesia Padang Panjang, yaitu Izan Qomarats, S.Sn., M.Sn. dan Muhammad Syukri Erwin, S.Sn., M.Sn.

Untuk sesi pertama digital marketing narasumber Izan Qomarats, S.Sn., M.Sn memaparkan pada mitra UMKM bagaimana melakukan digital marketing untuk produk unggulan yang dimiliki oleh mitra UMKM. Mitra UMKM diberikan pengetahuan untuk memasarkan produk unggulan UMKM  di media sosial dan bagaimana melakukan digital marketing secara efektif agar terjadi peningkatan dalam penjualan.

Selanjutnya, Muhammad Syukri Erwin, S.Sn., M.Sn. mengadakan pelatihan cara mengambil foto yang menarik dan langsung memberikan kesempatan kepada mitra UMKM untuk mempraktekan sendiri mengambil foto yang menarik, untuk pemasaran produk unggulan UMKM.

Untuk sesi kedua, dilakukan pelatihan pengeksporan dengan narasumber dari Dinas Perdagangan Kota Padang, Ferdinand Yuyan, S.T. Narasumber memberikan pengetahuan kepada UMKM tentang pengeksporan. Narasumber dari Dinas Perdagangan memaparkan bagaimana langkah awal yang harus dilakukan oleh mitra UMKM, agar bisa mengekspor produk unggulan mereka kepada pembeli yang berasal dari luar negeri.

Hasil akhir dari pelatihan ini adalah menempelkan label yang sudah diterjemahkan oleh Tim PKM Prodi Sastra Inggris untuk lima produk unggulan mitra UMKM. Mitra UMKM mengikuti kegiatan pelatihan dengan antusias dan tekun.

Mitra UMKM dari Ganepo 99 merasa terbantu dengan adanya program ini, mereka bisa memasarkan produk mereka lebih luas. Mitra UMKM lain merasa program ini menambah pengetahuan mereka terkait digital marketing dan pengeksporan, serta akan menerapkan hasil pelatihan ini dalam memasarkan produk mereka.

Terakhir, Ketua Program PKM Diana Chitra Hasan, Ph.D berharap bahwa kegiatan ini dapat bermanfaat bagi UMKM untuk pemasaran produk mereka dan berharap dapat membantu meningkatkan penjualan produk unggulan mitra UMKM.

Diana berharap kegiatan ini dapat membantu meningkatkan kesejahteraan mitra UMKM dan dapat meningkatkan perekonomian. (*)

Exit mobile version