Wako Pariaman Genius Targetkan 10 Anak Kuliah di Poltekpel Sumbar

Walikota Pariaman

Wali Kota Pariaman, Genius Umar menyerahkan cendera mata kepada Direktur Poltekpel Sumbar, Capt. Wisnu Risianto usai sosialisasi Poltekpel Sumbar di Kota Pariaman, Rabu (18/1/2023). IST

HARIANHALUAN.ID – Wali Kota Pariaman, Genius Umar menargetkan 10 anak Kota Pariaman untuk dikuliahkan di Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Sumbar, melalui program Pola Pembibitan (Polbit) dengan program Satu Keluarga Satu Sarjana (Sagasaja).

Hal ini diungkapkan saat sosialisasi pengenalan kampus dan program Studi Perguruan Tinggi Kementerian Perhubungan, yang digelar oleh Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Sumatra Barat, untuk siswa kelas XII SMA/SMK/MA sederajat yang ada di Kota Pariaman.

Untuk itu, Pemerintah Kota (Pemko) Pariaman akan membuat kerja sama untuk sekolah kedinasan ini dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Perhubungan.

“Kerja sama ini bisa memberikan prioritas kepada putra putri Kota Pariaman yang berasal dari keluarga kurang mampu, supaya bisa kuliah di Poltekpel Sumatra Barat melalui program Polbit minimal untuk 10 anak setiap tahunnya,” kata Genius di Pariaman, Rabu (18/1/2023).

Genius Umar sebutkan, walapun sebelumnya Pemko Pariaman telah bekerja sama dan anak Kota Pariaman sudah ada yang kuliah di Poltekpel Sumbar, program non Polbit yang dibiayai oleh Pemko Pariaman. 

“Saya ingin nantinya anak-anak yang kita kirim ke Poltekpel Sumbar ini bisa menjadi anak-anak yang produktif, tidak menganggur, bisa menjadi perwira pelayaran yang terampil dan bisa terjun langsung di dunia kerja,” katanya.

Genius berharap, melalui program Sagasaja ini anak-anak yang berasal dari keluarga yang kurang mampu ini nantinya bisa membawa keluarga mereka keluar dari lingkaran kemiskinan, karena program ini memadukan antara program pendidikan dengan program pengurangan kemiskinan di Kota Pariaman.

Sementara itu, Direktur Poltekpel Sumbar, Capt. Wisnu Risianto mengatakan, sosialisasi ini dilaksanakan untuk memberikan gambaran sekaligus motivasi buat seluruh siswa Kota Pariaman untuk bisa mengenyam pendidikan di kampus vokasi pelayaran Poltekpel Sumbar.

Wisnu menjelaskan, Poltekpel Sumbar adalah perguruan tinggi negeri di bawah Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Perhubungan, yang mendidik dan melatih putra putri terbaik Indonesia untuk menjadi pelaut dan tenaga kerja industri maritim yang memiliki kompetensi, karakter, berwawasan teknologi, modern dan berdaya saing global.

Selain itu, Poltekpel Sumbar juga telah mengembangkan pendidikan sesuai Standards of Training, Certification and Watchkeeping (STCW) 2010 dari IMO, sehingga berkembang menjadi salah satu instansi pendidikan pelayaran terbesar di Indonesia. (*)

Exit mobile version