Anggota DPR RI Hermanto Beri Pendidikan Parlemen Bagi Generasi Muda di Padang

Anggota DPR RI Komisi IV, Hermanto berfoto bersama pada acara Parlemen Kampus 2023, di Unand, Rabu (15/3). FARDIANTO

PADANG, HARIANHALUAN.ID – Sebanyak 150 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Kota Padang mengikuti acara Parlemen Kampus 2023 yang diselenggarakan oleh Sekretariat Jenderal DPR RI bekerjasama dengan Fakultas Hukum Universitas Andalas yang dilaksanakan pada 15-16 Maret 2023, di Gedung Serbaguna Fakultas Hukum Unand.

Pada tahun ini, Parlemen Kampus 2023 mengambil tema ‘Peran Pemerintah dan Partisipasi Mahasiswa Dalam Pengelolaan Sampah Untuk Menciptakan Lingkungan Hidup yang Baik dan Sehat’ yang dibuka oleh Anggota DPR RI Komisi IV Bapak Dr. Hermanto, S.E., M.M, daerah pemilihan Sumbar I.

Parlemen Kampus merupakan program edukasi parlemen yang diselenggarakan oleh Sekretariat Jenderal DPR RI bekerjasama dengan civitas akademik dalam rangka memberikan pembelajaran politik dan demokrasi kepada generasi muda.

Dalam kesempatan tersebut, Anggota DPR RI Komisi IV, Hermanto menyamakan bahwa kegiatan Parlemen Kampus ini sesungguhnya memiliki nilai strategis untuk tidak hanya memberikan pemahaman mengenai pendidikan politik bagi para generasi muda. Dikatakannya, kegiatan parlemen kampus ini harus ditingkatkan kualitas dan kuantitasnya, agar menjadi media efektif dalam rangka menciptakan generasi muda yang memiliki kemampuan kompetensi disertai dengan semangat kebangsaan untuk kemajuan masyarakat, bangsa, dan negara Indonesia.

Sebelumnya, Plt. Deputi Bidang Persidangan Sekretariat Jenderal DPR RI Suprihartini mengatakan, bahwa substansi yang dibahas dalam kegiatan Parlemen Kampus kali ini adalah dalam rangka Penyusunan Rancangan Undang-Undang tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah.

Tema ini dipilih karena sangat dekat dengan fenomena yang berlangsung saat ini, yaitu banyaknya sampah yang mencemari lingkungan dan bahaya perubahan iklim harus menjadi concern bagi anak muda. Terutama sebagai agen perubahan masa depan untuk dapat berdiskusi terkait pengelolaan sampah yang baik demi lingkungan yang berkelanjutan. (fdi)

Exit mobile version