Universitas Taman Siswa Padang Lahirkan 147 Wisudawan Baru


Rektor Unitas Padang, Sepris Yonaldi memberikan sertifikat penghargaan kepada dosen berprestasi. YESI

PADANG, HARIANHALUAN.ID – Rektor Universitas Taman Siswa (Unitas) Padang, Sepris Yonaldi melatik 147 wisudawan pada upacara wisuda ke-64 Unitas Padang, Sabtu (20/5).

Dalam kesempatan itu, Rektor milenial ini memberikan pesan kepada wisudawan agar tidak takut menjadi berbeda. Menurutnya, sukses itu harus melalui jalan yang terjal dan sulit. Bahkan tidak semua orang bisa melaluinya.

“Bagi wisudawan tidak harus melalukan sendiri perjuangannya, tapi untuk yang berjuang sendirian yang tidak ada yang percaya yang harus anda lakukan adalah percaya pada diri sendiri,” tuturnya.

Ia menyebutkan bahwa dunia sangat menyukai orang yang mengikuti kata hati mereka sendiri. “Semua akan baik baik saja, kesuksesan akan menginspirasi yang lain, jangan takut sendiri karena elang terbang sendiri untuk mencari makan, tak ada kata menyerah untuk perjuangan,” tuturnya.

Sepris juga menjelaskan sejak didirikan pada tahun 1987, Unitas telah mengalami perkembangan menjadi kampus swasta terbaik di Sumatera Barat dengan fokus pada bidang pertanian dan kewirausahaan.

“Kami berdiri pada tahun 1987 dengan Fakultas Pertanian dan Hukum. Saat ini, kami telah memiliki 12 program studi, sepuluh program studi untuk jenjang S1 dan dua program studi untuk Program Magister,” ujar Sepris.

Ia juga menjelaskan bahwa saat ini Unitas menerima 250 mahasiswa dari luar Sumatra. Selain itu, Unitas menjalin kerjasama dengan beberapa universitas terkemuka di Indonesia, seperti UGM dan universitas lainnya, untuk meningkatkan mutu lulusan.

Menurutnya, lulusan Unitas tak melulu harus jadi pegawai untuk berhasil. “Kita juga bisa membuka lapangan kerja dengan memberi gaji kepada orang lain. Menjadi wirausaha muda tentunya tidak takut dengan tantangan dunia saat ini. Ia juga tak takut berjalan sendiri karena elang terbang sendiri untuk mencari makan,” katanya.

Sementara itu, Ketua Badan Penyelenggara Perguruan Tinggi Taman Siswa Padang (BPPTTS), Irwandi Yusuf mengatakan, saat ini Unitas mekiliki 85 tenaga pengajar, yang 40 orang telah berpendidikan doktor.

“Artinya tidak salah memilih Unitas Padang untuk melanjutkan pendidikan karena kita di yayasan dan kampus akan bertanggungjawab secara akademis dengan membuat mereka jadi lulusan yang baik,” tuturnya.

Ditempat yang sama LLDIKTI Wilayah X yang diwakili oleh Elfinaldi mengapresiasi Unitas sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik di Sumbar karena memiliki lebih dari 40 persen dosen dengan gelar doktor.

“Ini hal yang luar biasa dan sangat bagus dalam proses pendidikan kedepan,” ucapnya.

Pada kesempatan itu, Unitas juga melakukan MoU dengan Kadin Sumbar untuk meningkatkan kerjasama kewirausahaan untuk mahasiswa.

Terakhir ada orasi ilmiah oleh Dr. Drs.Elfianto Yusuf, M.Si. dengan judul ‘Penggunaan Pestisida dalam perspektif enviromental Etnic terhadap Epistimologi Pembangunan Pertanian Berkelanjutan’. (yes)

Exit mobile version