Departemen Kebidanan FK UNAND Gelar Pengabdian Masyarakat Terkait Teknik Relaksasi Nafas Dalam pada Klien Prakonsepsi

PADANG, HARIANHALUAN.ID–Terpillih sebagai Center of Excellent (CoE) pada tahun 2021. Saat ini sedang melanjutkan rangkaian  kegiatan CoE pada tahun kedua.  Adapun rangkaian kegiatan tersebut salah satunya adalah pelaksanaan pengabdian masyarakat yang merupakan kegiatan kelima seiringan dengan berjalannya kegiatan penilitian pada kegiatan 4. Rangkaian kegiatan CoE ini merupakan kegiatan yang di danai oleh dana hibah yang merupakan suatu program yang dibina oleh Direktorat Penyediaan Tenaga Kesehatan, Direktorat Jenderal Tenaga Kesehatan melalui program kerjasama Pemerintah Republik Indonesia dengan United Nations Population Fund (UNFPA) dan Global Affairs Canada (GAC) dalam upaya mencetak pendidikan kebidanan yang berkualitas tinggi.

Tim Pelaksana Pengabdian Masyarakat Departemen Kebidanan bersama Puskesmas Lubuk Buaya melakukan kegiatan penyuluhan semua siklus kehidupan. Di mulai dari masa remaja ,prakonsepsi, kehamilan, nifas, bayi dan balita,  Keluarga Berencana hingga lansia.

Kegiatan Pengabdian Masyarakat dilaksanakan pada Kamis 20 Juli 2023 di Puskesmas Lubuk Buaya, Kota Padang. Dalam hal ini dilakukan penyuluhan KIE PRAKONSEPSI tentang “ Relaksasi Nafas Dalam”. 

“Masa prakonsepsi sering dikaitkan dengan masa sebelum pernikahan karena setelah menikah maka wanita akan memasuki fase konsepsi. Masa ini penting dipersiapkan agar ibu dapat mempersiapkan, menjalani kehamilan dan persalinan yang aman, sehingga ibu dan bayi sehat dan dapat tumbuh berkembang menjadi anak yang berkualitas,” ujar Ketua pelaksana kegiatan  Miranie Safaringga, S.ST.,M.Keb, Senin (24/7/2023).

Salah satu hal yang menjadi perhatian katanya, adalah psikologi ibu saat mempersiapkan kehamilan. Misalnya saja stres yang terjadi dari masa prakonsepsi dapat berlanjut pada masa kehamilan. “Stres emosional akan mendatangkan efek negatif pada ibu dan bayi. Sehingga salah satu intervensi yang bisa dilakukan adalah dengan teknik relaksasi nafs dalam, dalam mengurangi rasa cemas dan stress pada ibu yang akan merencanakan kehamilan,”ujar

Pada Kegiatan ini KIE disampaikan langsung oleh Tim Pelaksana siklus prakonsepsi yaitu Dina Taufia, STr. Keb, M. Keb, Fira Rahmadhita, S. Keb, Bd dan Suhaila Damayanti, S. Keb.” Kegiatan  berlangsung dengan lancar karena adanya koordinasi yang baik antar semua pihak yang terlibat, salah satunya oleh pihak Puskesmas Lubuk Buaya dengan melakukan kerja sama dengan masyarakat sehingga ibu-ibu dalam masa prakonsepsi ikut serta dalam rangkaian acara Pengabdian Masyarakat Departemen Kebidanan FK Unand,”katanya.

Perwakilan Puskesmas Lubuk Buaya yang dalam hal ini diwakilkan oleh Kartika Halida, SST., M. Keb menyampaikan harapan kepada peserta untuk mengikuti kegiatan penyuluhan dengan baik.  Pada akhir kegiatan, peserta sangat antusias dengan topik yang diberikan serta ikut mendemonstrasikan teknik relaksasi secara langsung, sehingga menjadi tolak ukur keberhasilan kegiatan Pengabdian Masyarakat yang dilakukan. (*)

Exit mobile version