Dosen Kebidanan UNAND Kenalkan Cara Atasi Hipertensi pada Lansia

PADANG, HARIANHALUAN.ID—Tim pengabdian masyarakat dosen Kebidanan UNAND di bawah departemen Kebidanan FK UNAND menggelar penyuluhan kepada lansia untuk mengatasi hipertensi.

“Penyuluhan digelar di Puskesmas Lubuk Buaya Kota Padang pada 20 Juli lalu. Penyuluhan sendiri berjudil Terapi Relaksasi Otot Progresif Untuk Lansia Hipertensi,”ujar Dosen Kebidanan Uliy Iffah, Selasa (25/7/2023).

Lebih jauh dikatakannya, hipertensi adalah suatu keadaan dimana seseorang mengalami peningkatan tekanan darah diatas normal dalam jangka waktu yang lama. Salah satu pengobatan nonfarmakologi yang dapat digunakan untuk mengatasi hipertensi yaitu dengan terapi komplementer dan salah satunya adalah teknik relaksasi otot progresif.

“Antusias lansia yang hadir sangat tinggi, hal ini dibuktikan dengan salah satu lansia yang bersedia menjadi demonstran di depan dan mengikuti instruksi untuk melakukan terapi relaksasi otot progresif selama kegiatan berlangsung, dalam pelaksanaanya kegiatan ini mendapat respon positif dari lansia-lansia yang hadir,”ujarnya.

Kegiatan ini berlangsung dengan lancar karena adanya koordinasi yang baik dari semua pihak yang terlibat, baik dari tim dosen Kebidanan Unand maupun pihak Puskesmas Lubuk Buaya.

“Kita mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut menyukseskan kegiatan ini. Terutama dari tim Puskesmas Lubuk Buaya dan para lansia yang mengikuti kegiatan ini,”ujarnya.

Dikatakannya, indikator keberhasilan pada kegiatan ini terlihat dari tingginya minat lansia untuk memperagakan gerakan-gerakan terapi relaksasi otot progresif serta membaca leaflet yang dibagikan. Nantinya diharapkan dapat menurunkan hipertensi pada lansia jika terapi relaksasi otot progresif ini dilakukan secara rutin di rumah masing-masing.

Exit mobile version