Pantas Lulusanya Langsung Bekerja di Industri, Ternyata Ini Keunggulan Jurusan di Politeknik ATI Padang

HALUANNEWS, PADANG – Bagi lulusan SLTA bingung memilih jurusan kuliah agar bisa cepat dapat kerja? Tak usah ragu, pilih kuliah di Politeknik ATI Padang. Semua jurusannya dibutuhkan dunia industri.

Direktur Politeknik ATI Padang, Dr. Ester Edwar MPd

Kok bisa? Ya, Politeknik ATI (Akademi Teknologi Industri) Padang memang disiapkan untuk mencetak tenaga kerja bidang industri.

Makanya, kampus negeri di bawah naungan Kementerian Perindustrian ini menyiapkan jurusan sesuai kebutuhan lapangan kerja di perusahaan-perusahaan Industri.

Sehingga, begitu mahasiswa tamat dan usai wisuda, peluang kerja di industri tanah air terbuka lebar.

“Bahkan, belum wisuda, perusahaan di Sumbar dan di Jabodetabek sudah datang ke kampus melakukan rekrutmen calon karyawan dari mahasiswa kita,” ujar Direktut Politeknik ATI Padang  Dr. Ester Edwar M.Pd kepada Haluan.

Menurutnya, keunggulan kuliah di Politeknik sehingga cepat dapat kerja karena jurusan dan program studi yang disiapkan tidak ada di kampus lain, sementara di butuhkan dunia industri.

Apa saja program studi tersebut? Berikut 5 Program Studi yang menjadi keunggulan Politeknik ATI Padang:

Praktikum mahasiswa Program Studi Analisis Kimia
  1. ANALISIS KIMIA

Program Studi Analisis Kimia merupakan program studi yang fokus pada kegiatan sintesa dan analisis kandungan zat kimia yang tersusun dalam sebuah produk. Program Studi ini juga meningkatkan implementasi hasil penelitian industri kimia terapan untuk kesejahteraan masyarakat.

Pratikum mahasiswa Program Studi Manajemen Logistik Industri.

Program Studi Manajemen Logistik Industri Agro memiliki fokus utama mempersiapkan sumber daya manusia yang kompeten dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengendalikan aktivitas logistik khususnya pada bidang industri agro. Program Studi ini memiliki spesialisasi kompetensi di bidang logistik industri agro yang meliputi organisasi perusahaan, K3, supply chain, purchasing and receiving, demand and supply planning, procurement, inventory, warehousing, material handling, quality management, teknologi informasi, pengemasan, distribusi dan transportasi, serta ekspor & impor.

Praktikum mahasiswa Program Studi Teknik Industri Agro.

Teknik Industri merupakan bidang keilmuan teknik yangdidukung oleh pengetahuan/ilmu matematika, fisika, socialscience, dan prinsip/metode analisis perancangan engineering. Salah satu hal yang menjadi pembeda teknik industri dengan keilmuan teknik lainnya adalah adanya keilmuan social science, yang tidak semua keilmuan teknik memilikinya. Sedangkan Industri Agro adalah industri yang mengolah hasil pertanian, perkebunan, hasil hutan, hasil laut dan perikanan, serta pengolahan pangan.

Praktikum mahasiswa Program Studi Teknik Kimia Bahan Nabati
  1. TEKNIK KIMIA BAHAN NABATI

Teknik Kimia Bahan Nabati adalah cabang ilmu teknik kimia atau rekayasa yang mempelajari pemrosesan bahan alam mentah berupa bahan nabati menjadi produk yang lebih bermanfaat, dapat berupa produk jadi menggunakan proses fisika, kimia, dan biologi. Keilmuan Teknik Kimia Bahan Nabati meliputi pengolahan hasil hutan dan perkebunan, pengolahan oleokimia, bioenergi, dan industri pangan.

Pratikum mahasiswa Program Studi Analisis Kimia.
  1. ANALISIS KIMIA

Program Studi Teknologi Rekayasa Bioproses Energi Terbarukan merupakan program keilmuan vokasi di bawah jurusan Teknik Kimia yang fokus pada penerapan dan implementasi dari prinsip-prinsip fundamental teknik kimia yang diintegrasikan dengan keilmuan biologi. Lulusan program studi ini dapat mengelola proses produksi dan produk-produk biokimia, khususnya dalam bidang energi terbarukan, seperti produk bioenergi, biomaterial, biofuel, dan biochemical.

Semua program studi di Politeknik ATI Padang tersebut merupakan bidang keahlian yang dibutuhkan dunia industri, mulai dari staf administrasi manajemen, tenaga lapangan hingga tenaga laboratorium. (*)

Exit mobile version