“Untuk menghasilkan donat yang sempurna, disarankan menggunakan tepung terigu berprotein rendah dan melakukan proses pengempesan adonan hingga tiga kali. Selain itu, penambahan butter akan membuat aroma donat lebih menggugah selera,”kata Ezi.
Meningkatkan Jangkauan Pemasaran Digital Luciana Luthan, SE., M.Si., Ak., CA, dari UNAND, menggarisbawahi pentingnya promosi digital untuk mengembangkan usaha UMKM di era modern ini. “Pemanfaatan platform digital seperti Shopee, Tokopedia, Instagram, dan Facebook dapat memperluas jangkauan pasar dengan signifikan. Usaha Buncha sudah memiliki beberapa akun media sosial, namun perlu dikelola lebih profesional dan konsisten agar lebih menarik perhatian pelanggan,” ungkap Luciana.
Selain itu, Luciana juga memperkenalkan strategi pemasaran berbayar melalui Facebook Ads dan media sosial lainnya untuk meningkatkan visibilitas produk di pasar yang lebih luas. “Dengan promosi berbayar yang tepat, UMKM Buncha dapat lebih cepat mendapatkan eksposur di kalangan target pasar. Saya juga telah menyediakan video tutorial di YouTube agar pelaku usaha dapat langsung mempraktekkan strategi ini,”katanya.
Sejak mengikuti program ini, UMKM Buncha telah mengalami peningkatan dalam pengelolaan usaha. “Penjualan kami meningkat hingga 30% setelah menerapkan saran dari para dosen, dan kami melihat antusiasme yang lebih besar dari konsumen,” ujar Rica.
UMKM Buncha sendiri aktif di media sosial melalui akun Instagram @donat_buncha dan akun Facebook Richa Febri Devia untuk mempromosikan produk-produk mereka. Dengan adanya program ini, diharapkan UMKM Buncha tidak hanya berhasil meningkatkan kualitas produk, tetapi juga mampu mengembangkan pemasaran yang lebih efektif melalui digitalisasi. Melalui upaya ini, Buncha berpotensi untuk memperluas pasar hingga ke luar daerah, dan menjadi salah satu contoh sukses UMKM yang berhasil beradaptasi dengan teknologi digital.(*)