Dies Natalis ITP ke-50, Wujudkan World Class University pada 2040

HARIANHALUAN.id – Memperingati Dies Natalis ke-50 tahun, Institut Teknologi Padang (ITP) menggelar Rapat Senat Terbuka pada Selasa (28/2). Usia 50 ini merupakan perayaan usia emasnya salah satu perguruan tinggi swasta (PTS) tertua di Kota Padang, yang berdiri sejak 21 Februari 1973 silam.


Rektor ITP, Dr. Ir. Hendri Novrianto, M.T menuturkan, visi utama ITP saat ini yaitu mewujudkan ITP menjadi World Class University (WCU) tahun 2040. Ia mengatakan, ITP sudah menyiapkan rencana strategis ITP 2020-2024 dengan tema Effeciency-Driven University (EDU).

“Tujuan EDU ini yaitu untuk menjadikan ITP unggul dalam tata kelola sehingga dapat berkorelasi positif pada peningkatan kualitas pembelajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat,” ujar Hendri dalam pidato sambutannya.
“Perencanaan strategis tersebut merupakan kesinambungan dari langkah-langkah strategis ITP sejak pertamakali didirikan pada tahun 1973 hingga saat ini,” ucapnya.

Program kerja ITP, dari tahun 2019 hingga 2024 menerapkan tujuh pilar tata kelola yang terdiri dari sisitem terintegrasi, tridharma perguruan tinggi, sumber daya manusia, sarana prasarana, teknologi informasi komunikasi, dana dan steakholder, serta pengembangan kapasitas institusi.

Sementara itu, Ketua Yayasan Pendidikan Teknologi Padang Drs. H. Zulfa Eff Uli Ras, M.Pd, memaparkan kilas balik perjalanan 50 tahun ITP yang bermula dari Kursus Ahli Teknik (KAT) tahun 1973 hingga saat sekarang sudah bernama Institut Teknologi Padang.

“Penyampaian sejarah ini perlu kita sampaikan untuk merawat ingatan kita dan agar tidak terjadi pembelokan sejarah,” tegasnya.
Zulfa menyebut, Yayasan Pendidikan Teknologi Padang dalam menjalankan tugas tetap mengacu pada filosofis yang sudah digariskan pendiri atau sesepuh yayasan terdahulu yaitu “Dari masyarakat untuk masyarakat dan kembali kepada masyarakat”.

“Filosofi inilah yang menjadi perekat dalam menjalin hubungan yang baik dan harmonis antara yayasan dengan pimpinan ITP dan sivitas kampus. Hal ini karena adanya keterbukaan manajemen dan kebersamaan yang didasari kejujuran dan kesantunan,” tuturnya.

Zulfa mengingatkan, tantangan yang akan dihadapi ITP pada masa yang akan tidaklah mudah. Hendaknya kata Zulfa, keluarga besar ITP yang berada di bawah payung yayasan untuk lebih meningkatkan kerja sama, disiplin dan semangat mengabdi.

“Saya berharap ITP menjadi lembaga perguruan tinggi terbaik dan unggul sesuai dengan moto berprestasi dan berkualitas,” pungkasnya.
Dies Natalis ITP ke-50 tahun ini menghadirkan Kepala LLDIKTI Wilayah X, ketua senat, sejumlah tokoh yang pernah terlibat dalam perjalanan panjang perguruan tinggi ini, alumni ITP, mantan pimpinan dan perwakilan pimpinan perguruan tinggi se-Kota Padang.
Selain itu, salah satu pengajar yaitu Dr Ade Indra, MT, menyampaikan orasi ilmiah dalam Dies Natalis ke-50 tahun ini. Acara diakhiri penyerahan penghargaan Satya Lencana Karya Satya ITP. (win)

Exit mobile version