Raih Juara Umum K3TAB 2022, Teknik Alat Berat Politeknik Negeri Padang Terbaik di Indonesia

HARIANHALUAN.id – Politeknik Negeri Padang dan SMKN 1 Balikpapan merah juara umum Kompetisi Kompetensi Keahlian Teknik Alat Berat (K3TAB) 2022. Lomba yang digelar oleh PT Trakindo Utama berlangsung 3-10 Oktober 2022.

President Director Trakindo Bari Hamami mengatakan, Trakindo yang merupakan penyedia solusi alat berat Cat di Indonesia menggelar kompetisi diikuti 8 SMKN dan 6 Politeknik dari Program Studi Teknik Alat Berat.

K3TAB 2022 yang mengangkat tema “Bangkit Lebih Tangguh, Bersama Lebih Unggul” merupakan penyelenggaraan ke-14 untuk tingkat Politeknik dan ke-13 untuk tingkat SMKN. Lewat kegiatan ini, Trakindo ingin melengkapi pengetahuan dan skill para siswa dan mahasiswa, agar setelah menjalani pendidikan, mereka menjadi tenaga kerja siap pakai yang mampu memenuhi kebutuhan dan ekspektasi masyarakat.

Mahasiswa Teknik Alat Berat PNP yang baru menjuarai K3TAB 2022 bersama Direktur PNP, Surfa Yondri.

“Program K3TAB sudah dilakukan sejak tahun 1996. Ini adalah salah satu bentuk aplikasi nilai inti Trakindo, yakni perkembangan berkelanjutan. Kami serius berkontribusi dalam memajukan pendidikan vokasi alat berat tanah air,” ungkap Bari.

Ia berharap semua pemangku kepentingan yang terlibat dapat terus memiliki semangat untuk bersama melanjutkan sinergi yang sudah berjalan baik ini demi kemajuan kualitas generasi penerus bangsa.

Sementara itu, Sariyadi, S.T., M.B.A, Plt. Direktur Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek RI merinci, K3TAB 2022 diikuti oleh 14 institusi pendidikan teknik alat berat (lebih banyak dari tahun sebelumnya). Peserta dari SMK adalah SMKN 1 Lubuk Pakam, SMKN 2 Dumai, SMKN 1 Singosari, SMKN 2 Sumbawa Besar, SMKN 1 Balikpapan, SMKN 6 Samarinda, SMKN 1 Mimika dan SMKN 3 Sorong. Peserta dari tingkat Politeknik adalah Politeknik Negeri Padang, Politeknik Negeri Jakarta, Politeknik TEDC Bandung, Politeknik Negeri Banjarmasin, Politeknik Negeri Samarinda, dan Politeknik Negeri Ujung Pandang.

Tim K3TAB 2022 dari Prodi Teknik Alat Berat PNP terdiri dari Irpan Maulana, Bagus Susandi, dan Mochammad Forgi Prayoga. Mereka didampingi oleh Dosen, Nofriyandi. R, S.Pd., M.T.

Menyusul Juara Umum   Politeknik Negeri Padang adalah Politeknik Negeri Banjarmasin (Runner Up), Politeknik Negeri Banjarmasin (Presentasi Inovasi), Politeknik Negeri Banjarmasin (Pengetahuan Teknik), dan Politeknik Negeri Padang (Keterampilan Teknik).

Di tingkat SMK, menyusul Juara Umum SMKN 1 Balikpapan adalah SMKN 1 Singosari (Runner Up), SMKN 2 Dumai (Presentasi Inovasi), SMKN 1 Balikpapan (Pengetahuan Teknik), dan SMKN 1 Balikpapan (Keterampilan Teknik).

Kemendikbudristek berterima kasih kepada Trakindo yang telah memberikan dukungan kepada pendidikan vokasi dan atas jerih payah kerja keras seluruh tenaga pengajar, kepala sekolah, direktur politeknik, siswa dan mahasiswa peserta. Dengan kemitraan bersama dunia usaha dan dunia industri melalui Link & Match, saya yakin vokasi makin kuat, siswa dan mahasiswa memiliki bekal kompetensi memadai, untuk masa depan yang lebih baik dan Indonesia yang lebih kuat,” ungkap Sariyadi optimis.

Program yang bekerja sama dengan institusi pendidikan di berbagai daerah di Indonesia ini menurutnya adalah  bagian dari Program Kerjasama Pendidikan (Co-op) Trakindo sejak 2008. K3TAB menjadi ajang bagi institusi pendidikan untuk  berpartisipasi meningkatkan kapasitas ilmu dan keahlian praktik peserta didik, sehingga diperoleh keseragaman dalam penerimaan proses belajar mengajar dan upaya meningkatkan kualitas lulusan jurusan Teknik Alat Berat.

Direktur Politeknik Negeri Padang, Dr. Surfa Yondri, S.T., S.S.T., M.Kom. bangga dengan hasil capaian mahasiswa Program Studi Teknik Alat Berat tersebut. Prestasi tersebut menurutnya tak lepas dari hasil perjuangan dan dukungan doa civitas akademika yang diridhoi Allah SWT. Di sisi lain, Tim TAB dinilai sebagai tim yang solid, disiplin, smart, dan tangguh dalam mencetak prestasi dan reputasi.

Dosen Teknik Mesin PNP, mengharapkan prestasi ini juga diikuti oleh mahasiswa program studi lainnya, terang Rusmadi yang baru saja usai melakukan pendampingan bagi SMK PK Muhammadiyah, Sungai Bahar, Jambi tersebut. (*)

Exit mobile version