LASIK Mata, Solusi Terbaik untuk Mengatasi Kelainan Refraksi

ilustrasi (unsplash.com)

HARIANHALUAN.IDLASIK atau Laser Assisted In-Situ Keratomileusis adalah suatu prosedur bedah untuk memulihkan penglihatan karena kelainan refraksi. Penglihatan memang menjadi salah satu hal yang sangat penting agar kita bisa beraktivitas dengan lancar. Oleh karena itu penting untuk selalu menjaga kesehatan mata untuk mencegah berbagai masalah kesehatan yang bisa terjadi.

Penglihatan atau mata kita memang bisa mengalami berbagai gangguan, salah satunya yang paling umum yaitu kelainan refraksi. Kelainan ini terjadi ketika cahaya yang masuk ke mata tidak bisa terfokuskan langsung ke bagian belakang mata. Sehingga penglihatan menjadi buram, penglihatan ganda, muncul lingkaran putih saat melihat cahaya dan sebagainya.

Kelainan refraksi juga terdiri atas beberapa jenis. Misalnya yaitu rabun jauh atau mata minus, rabun dekat atau mata plus hingga mata silinder. Berbagai gangguan penglihatan tersebut tentunya sangat mengganggu bagi banyak orang. Sebab penglihatan mereka menjadi tidak jelas. Karena itu Anda harus segera mengatasinya jika mengalami kelainan tersebut.

LASIK, Solusi Tepat untuk Mengembalikan Kesehatan Penglihatan

Orang yang menderita kelainan refraksi biasanya akan menggunakan kacamata atau lensa kontak untuk mengurangi gangguan penglihatannya. Namun tentunya penggunaan kedua alat tersebut juga memiliki kekurangan. Misalnya menggunakan kacamata bisa mempengaruhi penampilan hingga menimbulkan rasa tidak nyaman saat melakukan beberapa aktifitas.

Sementara itu menggunakan lensa kontak memang cukup simpel namun tidak bisa kita gunakan sepanjang hari. Penggunaannya hanya bisa selama 10 hingga 12 jam setiap hari. Jika lebih dari itu, lensa kontak bisa menyebabkan gangguan seperti iritasi bahkan infeksi. Selain itu Anda juga harus repot membawa cairan pembersih atau alat bantu pasang.

Daripada menggunakan kacamata atau lensa kontak terdapat cara lainnya yang paling tepat untuk mengatasi masalah penglihatan karena kelainan refraksi mata. Cara tersebut yaitu Laser Assisted In-Situ Keratomileusis yaitu prosedur bedah menggunakan laser untuk memulihkan penglihatan karena kelainan refraksi seperti mata silinder, minus atau plus.

Tindakan LASIK mata ini akan memanfaatkan laser untuk membentuk kembali kornea sehingga cahaya bisa difokuskan untuk menghasilkan penglihatan yang jernih. Karena menggunakan laser, tindakan ini berlangsung dengan cepat dan tidak menimbulkan rasa sakit. Bahkan waktu pemulihannya juga cepat serta dengan hasil yang sangat memuaskan.

Manfaatnya

Tindakan untuk mengatasi gangguan penglihatan ini juga memiliki banyak manfaat. Contohnya yaitu:

1. Menghilangkan Ketergantungan pada Alat Bantu Penglihatan

Gangguan kesehatan mata sering membuat penderitanya ketergantungan dengan alat bantu penglihatan seperti kacamata dan lensa kontak. Namun Anda bisa menghentikan ketergantungan tersebut dengan menjalani prosedur ini. Sebab dengan menjalani prosedur ini maka penglihatan akan kembali normal sehingga Anda tidak memerlukan alat bantu penglihatan lagi.

2. Hasil yang Tahan Lama

Tindakan LASIK memberikan hasil yang tahan lama bahkan bisa bertahan seumur hidup. Artinya penglihatan Anda akan tetap bagus dan jernih meskipun sudah melewati waktu cukup lama pasca tindakannya. Dengan begitu Anda tidak perlu repot lagi memikirkan biaya untuk mengurangi prosedur ini atau untuk membeli alat bantu penglihatan di masa depan.

3. Meningkatkan Kualitas Hidup dan Kepercayaan Diri

Menggunakan alat bantu penglihatan sering kali mengurangi rasa kepercayaan diri. Selain itu alat bantu penglihatan bisa menghalangi Anda untuk melakukan beberapa aktivitas. Nah, dengan Laser-Assisted in Situ Keratomileusis Anda tidak perlu menggunakan alat bantu penglihatan lagi sehingga bisa kembali meningkatkan kepercayaan diri dan kualitas hidup.

4. Prosedur yang Aman

Tindakan ini menjadi prosedur yang umum dan relatif aman. Teknologi terus berkembang, meningkatkan tingkat keberhasilan dan mengurangi risiko komplikasi. Sebagian besar pasien mengalami sedikit atau tanpa efek samping setelah menjalani lasik mata.

5. Penyembuhan yang Stabil

Setelah prosedur LASIK mata, banyak pasien melaporkan bahwa penglihatan mereka tetap stabil selama bertahun-tahun. Meskipun beberapa orang mungkin memerlukan penyesuaian kecil di kemudian hari. Akan tetapi sebagian besar merasa puas dengan hasil jangka panjang.

Itulah berbagai manfaat dari tindakan LASIK mata yang pastinya sangat menguntungkan. Bagi Anda yang menderita kelainan refraksi maka Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan tindakan ini.

Exit mobile version