PADANG, HARIANHALUAN.ID — PT Pos Indonesia terus menunjukkan komitmennya dalam bertransformasi mengikuti perkembangan era digital. Melalui aplikasi POSPAY, perusahaan milik negara ini menghadirkan solusi praktis terhadap berbagai kebutuhan layanan keuangan masyarakat yang kian dinamis.
Kepala Kantor Cabang Utama (KCU) Pos Indonesia Padang, Muliya Wardi, mengatakan bahwa POSPAY menjadi basis layanan utama Pos Indonesia dalam bidang jasa keuangan yang telah menyesuaikan diri dengan digitalisasi.
“POSPAY ini merupakan jawaban atas kebutuhan masyarakat saat ini. Kami di pusat maupun daerah terus bertransformasi, termasuk melalui aplikasi ini. Hampir seluruh pembayaran dapat dilakukan lewat POSPAY, karena fitur-fiturnya sangat lengkap,” ujar Muliya saat ditemui Haluan, Selasa (29/7/2025).
Ia menjelaskan, POSPAY dikembangkan dengan konsep serupa mobile banking yang memungkinkan berbagai transaksi keuangan dilakukan secara daring. Aplikasi ini berbasis rekening giro dan saat ini telah menggandeng lebih dari 300 mitra dalam penyediaan layanan.
“Mulai dari pembayaran listrik, air, pembelian materai, isi ulang saldo, hingga pengurusan dana pensiunan, semuanya bisa melalui POSPAY. Ini bentuk upaya kami untuk memberikan pelayanan yang lebih dekat dan prima kepada masyarakat,” katanya.
Tidak hanya fokus pada jasa keuangan digital, Pos Indonesia juga memperkuat sektor layanan kurir dan logistik. Menurut Muliya, perusahaan telah menjalin kemitraan dengan berbagai pihak dalam mendukung layanan logistik yang cepat dan efisien.
“Layanan logistik kami mencakup gudang (warehousing), pengiriman (transporting), hingga kerja sama dengan berbagai marketplace. Semua itu dilakukan untuk mengoptimalkan layanan. Namun, sebagai BUMN, tentu kami tetap patuh pada regulasi dan ketentuan hukum yang berlaku,” ucapnya.
Lebih lanjut, ia menambahkan bahwa Pos Indonesia Padang akan terus meningkatkan kualitas layanan melalui inovasi dan adaptasi teknologi. Langkah ini diambil untuk memastikan bahwa perusahaan mampu menjawab tantangan zaman sekaligus memberikan kemudahan nyata bagi masyarakat.
“Kami berkomitmen menghadirkan pelayanan terbaik, baik di layanan keuangan digital maupun logistik. POSPAY adalah wujud transformasi kami dalam menjangkau kebutuhan publik dengan lebih cepat dan efisien,” tutur Muliya. (*)