Migrasi kartu 4G ini dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti mengakses mitra e-commerce (Shoope, Tokopedia dan Bukalapak) atau layanan GraPARI online melalui tsel.me/graparionline.
Pada mekanisme online, pelanggan dapat merasakan manfaat lebih karena kartu uSIM 4G akan diantarkan langsung ke alamat tujuan pelanggan. Informasi terkait proses ganti kartu, pelanggan dapat mengakses berbagai kanal informasi layanan Telkomsel, seperti melalui akun resmi media sosial Facebook, Twitter dan layanan Virtual Assistant Telkomsel yang tersedia di sejumlah platform pesan instan terkemuka.
Selain itu, pelanggan juga dapat melakukan migrasi 4G atau penukaran kartu secara offline dengan mengunjungi GraPARI terdekat atau mengkases secara mandiri di mesin My GraPARI.
MyGraPARI merupakan media pelayanan Walk In Telkomsel yang bersifat digital dan dapat diakses secara mandiri (self-service) oleh pelanggan baik di GraPARI (Pusat Layanan Telkomsel) maupun area publik. Dengan layanan ini pelanggan akan mendapatkan layanan fisik dan non fisik berupa ganti kartu lama ke uSIM 4G/LTE, ganti kartu hilang ataupun rusak, recharge dan pembayaran tagihan.
Selama proses migrasi ke uSIM 4G dan pada saat registrasi uSIM, Telkomsel akan memastikan validasi registrasi data pelanggan yang terdaftar pada kartu non-4G sebelumnya sudah sesuai dengan identitas Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga (KK), yang tercantum pada KTP elektronik dan Kartu Keluarga (KK).
Pelanggan disarankan untuk terlebih dahulu melakukan pengecekan kesesuaian identitas diri melalui akses USSD Menu Browser (UMB) *444# langsung dari ponsel pelanggan. Apabila terdapat ketidaksesuaian, pelanggan diharapkan segera melakukan registrasi ulang dengan cara mengetik ULANG<spasi>NIK#Nomor KK# kirim SMS ke 4444.
“Kami berharap melalui proses upgrade jaringan 3G ke 4G/LTE ini dapat berjalan dengan lancer, serta mampu memberikan berbagai keuntungan dan nilai tambah bagi pelanggan dalam memaksimalkan gaya hidup digital kesehariannya. Telkomsel juga hadir untuk membuka peluang dalam menguatkan ekonomi digital nasional yang merata melalui pemanfaatan konektivitas dan jaringan terdepan 4G/LTE.” tutur Artha.
Bagi pelanggan yang ingin melakukan pengecekan terkait kartu dan device 4G-nya dapat melalui layanan UMB di *888*47#. Untuk info lebih lanjut mengenai proses upgrade jaringan 3G ke 4G/LTE, serta layanan dan lokasi kota/kabupaten yang ada, pelanggan dapat mengakses halaman web tsel.me/untungjadi4G. (*)