Ide-ide Masakan Berbahan Dasar Daging Ayam

bahan dasar daging

ilustrasi

HARIANHALUAN.ID – Sebagian besar para ibu menganggap aktivitas memasak di dapur sebagai hal yang menyenangkan. Sebab dengan melakukan ini itu, pada akhirnya bisa menghasilkan makanan enak yang siap disantap keluarga. 

Namun bayangan menyenangkan bisa langsung hilang, manakala ibu buntu ide resep. Tentu saja demikian, sebab setiap hari para ibu sudah memasak makanan yang berbeda-beda. Jadi wajar baginya ada saat di mana dia bingung harus mengolah bahan makanan menjadi apa.

Ide Masakan Berbahan Dasar Daging Ayam

Berikut ini ada beberapa jenis masakan yang mungkin bisa jadi inspirasi. Masakan-masakan berikut berbahan dasar yang sama, yakni daging ayam.

1. Ayam Kecap

Ide masakan pertama dalam mengolah ayam adalah menjadikannya masakan ayam kecap. Sesuai namanya, bumbu yang paling kentara di dalam masakan ini adalah kecapnya. Sebab tampilan akhir dari masakan ini, daging ayam beserta sedikit kuahnya berwarna hitam kecoklatan karena ditambahkan kecap manis.

Cara membuatnya juga mudah. Rasa masakannya pun enak. Dijamin, seluruh anggota keluarga akan menyukai masakan ayam kecap ini.

2. Ayam Semur

Ide masakan berbahan dasar ayam yang kedua adalah ayam semur atau semur ayam. Jika tampilan masakan ayam kecap cenderung hitam, nah masakan ayam semur berwarna kemerahan. Hal ini karena ayam semur menggunakan bumbu berupa cabe merah yang dihaluskan. Namun pun begitu, meski warnanya kemerahan, ayam semur ini tidaklah pedas. Paling pun hanya sedikit hangat saja.

3. Ayam Balado

Nah ini baru masakan yang pedas. Sebab bumbu yang dominan ditambahkan ke dalamnya berupa cabe merah atau cabe keriting dalam jumlah yang banyak. Jadinya rasanya pedas. Namun untuk kalangan tertentu, ayam balado ini tidak terlalu pedas. Sebab sepedas-pedasnya cabe merah itu tidak lebih pedas dari cabe rawit. Sedangkan cabe rawit tidak ditambahkan pada resep ayam balado.

4. Ayam Sambal Hijau

Masakan yang setingkat lebih pedas dari ayam balado adalah masakan ayam sambal hijau. Dua masakan yang biasanya selalu ada di rumah makan Padang ini memang terkenal karena rasanya yang pedas. 

Sesuai namanya, pada ayam sambal hijau, bumbu yang dominan ditambahkan ke dalamnya berupa cabe hijau. Baik itu cabe hijau biasa, cabe keriting hijau, bahkan hingga ke cabe rawit hijau. Dengan ditambahkannya cabe rawit, jelas sudah rasanya akan jadi sangat pedas.

5. Ayam Woku

Masakan dengan bahan dasar daging ayam ini merupakan masakan khas dari daerah Manado. Rasanya yang lezat dan pedas dijamin disukai siapa saja.

Kekhasan ayam woku, konon dulu karena dibuat dengan dibungkus menggunakan daun woku. Akan tetapi karena daun ini sukar ditemui, jadinya diganti dengan daun pisang. Nah sekarang, pembuatannya tak lagi menggunakan daun pisang juga. Ayam woku cukup dimasak di  dalam belanga saja, jadi namanya disebut sebagai woku belanga. 

Bumbu ayam woku terdiri atas rica, goraka, kunyit, bawang putih, bawang batang, kamiri (kamiri), daong lemong, salimbata, pondang (daun pandan), dan juga kukuru.

6. Ayam Rica-rica

Resep masakan berbahan dasar daging ayam lainnya adalah ayam rica-rica. Sebuah resep masakan yang khas dari daerah Manado, Sulawesi Utara. Kata rica sendiri itu berarti pedas atau cabai. Jadinya resep masakan ayam rica-rica itu sudah pasti pedas. 

Memasak ayam rica-rica sangatlah beragam. Dari mulai bumbunya hingga ke cara memasaknya. Hal yang menjadi persamaannya itu ada pada rasanya yang pedas dengan wangi berbagai rempah, terutama daun jeruk dan juga serai.

7. Ayam Saus Mentega

Masakan berbahan dasar daging ayam berikutnya adalah ayam saus mentega. Tidak seperti masakan-masakan berbahan dasar daging ayam sebelumnya yang punya rasa pedas, justru masakan ini sebaliknya. Namun jangan salah, rasanya sangat enak. Siapa pun, bahkan anak-anak akan sangat menyukainya. Sesuai namanya, salah satu bumbu yang ditambahkan pada resep ini adalah mentega.

8. Ayam Saus Tiram

Ide masakan berbahan dasar daging ayam yang terakhir adalah resep Ayam Saus Tiram. Ya, sesuai namanya juga, resep di dalam memasak makanan ini ditambahkan saus tiram. Jika kamu belum tahu cara memasaknya, berikut ini penjelasannya.

Alat dan Bahan 

Cara membuat 

Masakan Enak Berkat Saus Tiram Selera dari Kobe

Itu dia beberapa ide masakan berbahan dasar daging ayam. Bagaimana, kamu sudah pernah masak yang mana saja? Jika belum, mulai masak masakan tersebut satu per satu. Dijamin keluarga tidak akan bosan. Apalagi untuk masakan Ayam Saus Tiram. Rasanya yang enak dijamin akan membuat keluarga minta lagi dan lagi.

Resep ayam saus tiram tentu bisa selezat itu berkat Saus Tiram Selera dari Kobe. Asal kamu tahu saja, bumbu Saus Tiram Selera dari Kobe rasanya gurih alami. Hal ini tentu tak lepas dari dibuatnya bumbu ini dari tiram asli, yang pemrosesannya menggunakan teknologi modern. Mana tanpa tambahan bahan pengawet dan tanpa tambahan pewarna buatan pula. Tekstur saus tiram ini lebih kental dan juga lebih pekat. Jadinya makanan yang ditambah Saus Tiram Selera dari Kobe, rasanya jauh lebih nikmat dan lezat. Yuk kita coba berkreasi memasak dengan menggunakan produk ini. Rasanya pasti enak. Dan seluruh keluarga akan menyukainya. Untuk membelinya tidak perlu repot. Beli saja secara online di Kobe Official Store yang ada di Shopee atau Tokopedia. Atau jika sedang belanja langsung, di minimarket atau aneka toko juga banyak tersedia. Saus Tiram Selera dari Kobe ini multifungsi. Bisa ditambahkan pada jenis masakan apa pun. Ayo dicoba memasak menggunakan bumbu ini!

Exit mobile version