5 Makanan yang Bisa Hilangkan Rasa Haus Saat Berpuasa

HALUANNEWS – Mengkonsumsi makanan ternyata tidak hanya memenuhi rasa lapar, namun juga untuk menjaga kesehatan. Apalagi saat berpuasa, jenis makanan juga penting menjaga kestabilan nutrisi dan dehidrasi tubuh.

Ya, ada banyak makanan yang mengandung banyak kadar air yang dapat menjaga tubuh agar tidak dehidrasi. Bahkan, saat berbuka puasa, makanan tersebut dapat mengembalikan hidrasi tubuh.

Shreela Sharma, profesor dan ahli diet dari UTHealth School of Public Health di Houston mengatakan, makanan juga bisa mengembalikan hidrasi tubuh.

Jadi, Anda bisa memadukan minum air putih dengan makanan tertentu yang mempunyai manfaat hidrasi yang baik. 

Menurutnya, dengan mengonsumsi makanan untuk hidrasi, bukan hanya hidrasi yang dicapai tapi juga pemenuhan gizi tubuh. 

“Makanan tidak hanya menghidrasi, tapi juga bergizi dan menyediakan berbagai nutrisi termasuk vitamin dan serat,” kata Sharma. 

Tentunya, hal itu pun baik untuk tubuh yang kehilangan banyak nutrisi karena berpuasa.

Penasaran apa saja makanan yang dapat mengatasi rasa haus saat berpuasa?

Berikut ulasannya dirangkum melalui Everyday Health dan Cleveland Clinic, Rabu (6/4/2022).

1. Lettuce

Lettuce termasuk sayuran yang kaya akan air karena 95 persen isinya air. Untuk menikmati sayuran ini, Anda bisa membuatnya jadi salad atau disayur sebagai hidangan buka puasa atau sahur.

2. Tomat 

Menurut Berkeley Wellness, tomat mengandung air sekitar 94 persen. Sama seperti melon, tomat juga ternyata kaya akan potasium. Buah yang satu ini bisa Anda olah menjadi jus tomat yang segar untuk menu buka puasa. 

3. Paprika

Dijelaskan dalam Berkeley Wellness, paprika mengandung air sebanyak 94 persen. Sayuran ini pun masuk dalam daftar makanan yang baik untuk menghidrasi tubuh. Untuk bisa menikmati paprika dengan nikmat, Anda bisa membuat irisan besar paprika yang kemudian ditambahkan ke salad. 

4. Kembang kol 

Kembang kol mengandung 92 persen air. Sayuran ini pun diketahui kaya akan vitamin C dan vitamin K. Anda bisa menjadikan kembang kol sebagai menu sahur atau buka puasa, karena sayuran ini pun baik untuk menurunkan kolesterol, lho. 

5. Zucchini 

Memang tidak begitu familiar di telinga, tapi buah yang biasa disebut labu musim panas ini mengandung air hampir 95 persen. Bukan hanya air, zucchini pun kaya akan antioksidan yang tentunya baik untuk kesehatan tubuh. (*)

Exit mobile version