Grand Opening Sabiekah, Diniyyah Puteri Lestarikan Pakaian Identitas Perempuan Minang

HALUANNEWS, PADANG PANJANG — Perguruan Diniyyah Puteri tak henti-hentinya membuat inovasi, terbaru untuk melestarikan pakaian identitas perempuan Minangkabau. Perguruan yang dipimpin oleh Fauziah Fauzan ini membuka sebuah rumah pakaian perempuan minang yang di beri nama “Sabiekah” House of Basiba.

Store Sabiekah yang berada di Jl. Soekarno Hatta No. 98, Kelurahan Bukit Surungan, Kecamatan Padang Panjang Barat itu, dibuka langsung oleh ketua TP-PKK Sumbar Hj. Harneli Mahyeldi bersama pimpinan Perguruan Diniyyah Puteri Fauziah Fauzan dan tokoh-tokoh perempuan Minang, Sabtu (16/4).

Fauziah Fauzan yang akrab disapa Zizi mengatakan, Sabiekah merupakan produsen Baju Kurung Basiba yang digagas di Kota Padang Panjang dan juga merupakan seragam di lingkungan Diniyyah Puteri selama 99 tahun ini.

“Ini merupakan salah satu upaya kita dalam melestarikan ciri khas Minangkabau. Mudah-mudahan Baju Kurung Basiba menjadi alternatif anak muda di era milenial. Tidak hanya digunakan ibu-ibu saja, namun juga semua perempuan yang ada di Sumbar,” ungkap Zizi.

Ketua TP-PKK Provinsi Sumatera Barat, Hj. Harneli Mahyeldi. Ia mengatakan, baju kurung basiba patut dilestarikan baik itu di Minangkabau, nasional maupun internasional.

“Baju kurung basiba ini patut kita lestarikan, karena sesuai dengan Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah. Pakaian ini benar-benar sesuai dengan syariat Islam, yang mana berpakaian itu harus longgar dengan tidak menampakkan lekuk tubuh,” ujarnya.

Senada dengan Harneli, Ketua TP-PKK Kota Padang Panjang, dr. Dian Puspita Fadly Amran, Sp.JP juga menyampaikan apresiasi untuk Perguruan Diniyyah Puteri yang terus melestarikan pemakaian Baju Kurung Basiba.

“Kita lihat Diniyyah Puteri ini kesehariannya selalu memakai Baju Kurung Basiba. Ini patut kita apresiasi karena sudah melestarikan pakaian identitas perempuan Minangkabau,” ungkap dr. Dian.

Sebelum meresmikan “Sabiekah” perguruan Diniyyah Puteri juga menggelar fashioshow baju basiba dan talkshow yang bertemakan “Baju Basiba Perempuan Minang: Fashion, Filosofi, dan Budaya Matrilineal” dengan mendatangkan lima narasumber.

Di antaranya Bundo Kanduang Provinsi Sumatera Barat, Prof. Dr. Ir. Puti Reno Raudha Thaib, M.P, Pakar Antropologi Unand, Dr. Sri Setyawati, M.A, Anggota DPD RI, Hj. Emma Yohana, Komisaris Utama PT. Paragon Technology and Innovation, DR (Hc) Dra. Nurhayati Subakat, dan Nada Sikkah selaku Brand Ambassador Sabiekah.

Reporter: Rajo Alam

Exit mobile version