Haid Saat Ramadan? Ini Amalan yang Bisa Dilakukan Wanita

Ilustrasi wanita berdoa. IST. Koran Gala.

PADANG, HARIANHALUAN.ID- Bulan suci Ramadan menjadi momentum bagi semua umat muslim berlomba-lomba dalam memperbanyak amal ibadah dan berbuat kebaikan. Seperti firman Allah SWT, dalam al-quran.

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآَنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ

Artinya: “(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Alquran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu.” (QS. Al Baqarah: 185)

Berpuasa wajib bagi setiap umat Islam yang sudah baligh, berakal, mampu secara fisik, sehat, tidak sedang dalam perjalanan, suci dari haid dan nifas.

Sebagian perempuan merasa sedih karena tidak dapat melakukan ibadah puasa secara penuh terutama saat haid. Jangan khawatir! Deretan daftar berikut dapat menjadi amalan bagi perempuan dalam Ramadan walaupun saat haid;

  1. Berzikir dan berselawat
    Dengan memperbanyak zikir dan berselawat di bulan Ramadhan juga mendatangkan pahala meski sedang berhalangan menjalankan ibadah wajib. Ada banyak jenis zikir yang bisa menjadi amalan saat Ramadan, berupa tasbih, tahmid, takbir. Bahkan ada zikir pagi, siang, sore, hingga malam yang dapat juga diikuti secara online dari berbagai kanal majelis zikir.

Amalan lain yang bisa dilakukan wanita haid saat Ramadan adalah memperbanyak selawat. Allah SWT berfirman dalam surah AL Ahzab ayat 56,

اِنَّ اللّٰهَ وَمَلٰۤىِٕكَتَهٗ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّۗ يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمً

Artinya: “Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya berselawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman! Berselawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya.”

  1. Bersedekah
    Selain pahala yang berlipatganda saat Ramadan, bersedekah sakan mendapatkan keberkahan dari Allah SWT, mbersihkan harta, dan menyelamatkan dari azab neraka.

Hal ini sebagaimana Rasulullah SAW pernah bersabda, “Wahai kaum wanita! Bersedekahlah kamu dan perbanyaklah istighfar. Karena, aku melihat kaum wanitalah yang paling banyak menjadi penghuni neraka.” (HR. Muslim)

  1. Memberi makan bagi orang yang berpuasa
    Salah satu amalan penuh yang bisa dilakukan wanita yang sedang haid saat Ramadan adalah memberi makan bagi orang yang berpuasa. Cara paling sederhana bisa dilakukan ketika menyiapkan hidangan berbuka bagi keluarga.

Dari Zaid bin Khalid Al Juhani berkata, Rasulullah saw. bersabda, “Barang siapa yang memberi makan orang yang berbuka puasa, dia mendapatkan pahala seperti orang yang berpuasa tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa sedikitpun”. (HR. At-Tirmidzi)

  1. Memperbanyak ilmu kajian
    Ada banyak cara bagi wanita yang sedang haid untuk memperbanyak ilmu agama. Salah satunya dengan mendengarkan kajian online di berbagai kanal youtube atau membaca buku. (*)
Exit mobile version