Catat! Malam Nuzulul Al-Qur’an Jatuh pada Kamis, Lakukan Amalan Ini

Berdoa

IST/Ilustrasi

PADANG, HARIANHALUAN.ID – Salah satu peristiwa penting dalam bulan Ramadan, yaitu Allah SWT untuk pertama kalinya menurunkan Al-Qur’an kepada Nabi Muhammad SAW melalui malaikat Jibril di Gua Hira pada 17 Ramadhan 610 Hijriah. Pada Ramadan 1445 Hijriah tahun ini, malam Nuzulul Al-Qur’an jatuh pada Kamis (28/3/2024). Wahyu pertama kali turun kepada Rasulullah SAW adalah Surat Al Alaq ayat 1-5 saat Nabi Muhammad tengah berada di Goa Hira.

Tiga tahun kemudian, Allah SWT kembali menurunkan wahyu melalui Surat An-Nashr. Malam Nuzulul Al-Qur’an atau yang biasa disebut malam Lailatul Qadar lebih baik dari 1.000 bulan.

Hal ini telah disebutkan di dalam kitab Sahihain melalui Abu Hurairah, bahwa Rasulullah Saw. telah bersabda:

”Barang siapa yang melakukan qiyam (salat sunat) di malam Lailatul Qadar karena iman dan mengharapkan pahala dan rida Allah, maka diampunilah baginya semua dosanya yang terdahulu”.

Untuk mendapat keridaan dan pengampunan, apa yang harus kita amalkan saat malam Lailatul Qadar?

  1. Memperbanyak Membaca Alquran.
    Amalan yang pertama yaitu memperbanyak membaca al-qur’an. Sebagaimana diketahui, membaca al-qur’an merupakan kewajiban bagi setiap muslim, apalagi di bulan suci Ramadan segala bentuk amalan baik akan dilipatgandakan pahalanya.
  2. Melakukan I’tikaf
    I’tikaf merupakan kegiatan berdiam diri di masjid sambil membaca amalan amalan, seperti berdzikir, berdoa, membaca al-qur’an, bersholawat, shalat sunat, dan amalan baik lainnya.
  3. Memperbanyak salat malam. Melakukan salat pada sepertiga malam merupakan amalan yang dianjurkan, bahkan tidak hanya di bulan Ramadan, dimana pada waktu tersebut, do’a kita akan cepat terkabulkan. (*)
Exit mobile version