Puasa Bikin Kulit Kering? Jangan Lupa Lakukan Ini!

Ilustrasi memelihara kesehatan kulit. Dokumentasi Liputan6.com

PADANG, HARIANHALUAN.ID- Saat berpuasa, tubuh biasanya tidak terhidrasi dengan baik bahkan cenderung kekurangan cairan. Kondisi ini menyebabkan kulit jadi kusam dan kering.

Untuk mengatasinya, kamu bisa melakukan sederet tips berikut agar tetap kulit tidak kering dan tetap terhidrasi.

1. Minum air putih yang banyak saat berbuka puasa. Dilansir dari laman halodoc.com, Selasa, (26/3/2024) kamu perlu memperbanyak minum air putih saat berpuasa, minimal 8 gelas (2-3 liter) sehari. Kamu bisa memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan menerapkan pola 2-4-2, yaitu dua gelas air putih saat berbuka, empat gelas air putih saat makan malam, dan dua gelas air putih saat sahur.

2. Penuhi Serat dan vitamin. Agar kamu tetap terhidrasi selama berpuasa, jangan lupa saat berbuka atau sahur lengkapi menu dengan sayur hijau dan buah-buahan. Buah-buahan yang dapat memenuhi kebutuhan serat dan vitamin diantaranya pepaya, apel, jeruk, pisang, dan masih banyak lagi.

3. Jangan lupa pakai tabir surya dan pelembab. Memelihara kelembaban kulit dari luar juga tidak kalah penting saat berpuasa. Menggunakan tabir surya dan moisturizer atau pelembab dapat menjaga kulit kamu dari paparan sinar matahari agar tidak kering.

4. Hindari kafein. Minuman berkafein seperti kopi bisa memberikan efek dehidrasi yang juga akan memengaruhi kondisi kulit. Melansir dari Cleveland Abu Dhabi dari laman Halodoc.com, Selasa, (26/3/2024) kadar kafein yang masih aman saat puasa adalah 200-300 miligram sehari atau setara dengan 1-2 cangkir kopi per hari.

5. Tetap berolahraga. Selain memperbanyak ibadah sunnah saat puasa, berolahraga juga akan membantu metabolisme tubuh kembali bugar. (*)

Exit mobile version