PADANG, HARIANHALUAN.ID – Dalam rangka bulan suci ramadan, Unilever Indonesia, melalui brand-brandnya seperti Wipol, Rinso, Sunlight, Vixal, Molto, Pepsodent, Lifebuoy, Sunsilk, Citra, Glow & Lovely, Bango, dan Royco, menggelar rangkaian kegiatan yang melibatkan ribuan santri, santri putri, serta masyarakat luas di berbagai kota di Pulau Sumatra, termasuk Padang, Pekanbaru, Palembang, Bengkulu dan Lampung.
Kegiatan yang digelar mencakup edukasi perilaku hidup bersih sehat termasuk menjaga kesehatan gigi dan mulut, pemeriksaan kesehatan gratis, dukungan kebersihan masjid, edukasi nutrisi seimbang, hingga rangkaian kelas upskilling.
Berbagai rangkaian kegiatan yang digelar bertujuan untuk membantu masyarakat setempat agar lebih siap dalam menjalani bulan ramadan.
Dalam menjalankan serangkaian kegiatannya, Unilever Indonesia berkolaborasi dengan lembaga-lembaga terkemuka, diantaranya Kementerian Agama, Majelis Ulama Indonesia (MUI) setempat, Dewan Masjid Indonesia, BAZNAS.
Kemudian menggandeng hingga 4.200 santri dan santri putri dari 5 pesantren setempat, yaitu Pondok Pesantren Nurul Yaqin Al Hidayah Padang, Pondok Pesantren Modern Al-Kautsar Pekanbaru, Pondok Pesantren Sultan Mahmud Badaruddin Palembang, Pondok Pesantren Darussalam Bengkulu, dan Pondok Pesantren Roudlatul Qur’an Metro, Lampung.
Tak hanya melibatkan santri, sebanyak 150 relawan juga terlibat, dalam upaya menjaga kebersihan Masjid Raya Sumbar. Direktur dan Sekretaris Perusahaan Unilever Indonesia, Nurdiana Darus mengatakan, pesantren merupakan lembaga pendidikan yang menjadi rumah bagi para agen perubahan, yang kehadirannya diharapkan dapat berdampak pada kemajuan bangsa.
Program Pesantren Sehat, Hijau, Berdaya merupakan inisiatif kolaboratif antara Unilever Indonesia bersama Kementerian Agama RI, yang berfokus pada dua pilar utama, edukasi perilaku hidup bersih dan sehat, serta pengembangan diri para santri dan santri putri.
Aktivitas serupa sebelumnya digelar di pesantren di Aceh dan Medan, dan kini diperkuat di kota lain di Sumatera yaitu Padang, Pekanbaru, Palembang, Bengkulu dan Lampung.
“Program ini mendapat dukungan dari brand-brand Unilever Indonesia yang telah menjadi bagian tak terpisahkan dalam kehidupan masyarakat Indonesia den bertujuan untuk mendukung masyarakat dalam menjalankan ibadah di bulan Ramadhan dengan lebih nyaman dan penuh berkah,” katanya dalam keterangan tertulis yang diterima, Selasa (15/4/2024).
Meningkatkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di kalangan santri dan santri putri, Unilever Indonesia melalui brand Lifebuoy, memberikan edukasi dan pemeriksaan kesehatan gratis.
Kegiatan yang sama juga diisi oleh brand Pepsodent, yang memberikan edukasi terkait perawatan kesehatan gigi dan mulut, serta perawatan gigi gratis kepada ribuan santri dan santri putri di Pulau Sumatera.
Tak hanya membekali santri dan santri putri dengan pemahaman tentang kesehatan, Unilever Indonesia melalui brand Sunsilk, Citra, dan Glow & Lovely menggelar program #AksiCantik, yang berisi serangkaian kegiatan womenpreneur, women education dan craftpreneur yang bertujuan untuk mengoptimalkan potensi para santri dan santri putri.
Melalui program ini, para santri putri di Kota Padang, Palembang, Bengkulu dan Lampung mendapatkan pembekalan soft skill dan hard skill yang dibutuhkan dari para narasumber ahli.
Sementara di Padang, Unilever Indonesia melalui lima brandnya yaitu Wipol, Vixal, Sunlight, Rinso dan Molto memperkuat kemitraan dengan Dewan Masjid Indonesia (DMI) dalam menggelar program “Gerakan Masjid Bersih 2024” yang bertempat di Masjid Raya Sumbar.
Kegiatan ini melibatkan 150 relawan yang melakukan pembersihan di area masjid, guna mempersiapkan masjid agar lebih bersih dan higienis selama bulan Ramadhan.
Mendukung para santri dalam menjalani Ramadhan, Unilever Indonesia melalui brand Bango dan Royco menggelar kegiatan edukasi nutrisi yang bertujuan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat, khususnya para santri di Lampung, dengan pemenuhan kebutuhan nutrisi seimbang dalam menjalani Bulan ramadan.
Selain itu, Bango dan Royco juga bekerja sama dengan BAZNAS menyalurkan 1.100 paket sembako kepada kaum duafa di wilayah Padang, guna menguatkan akses pangan bagi kelompok rentan yang terdampak secara ekonomi.
Komitmen Unilever Indonesia dalam mendukung komunitas muslim juga diwujudkan melalui berbagai kolaborasi penting dengan sejumlah lembaga. Bersama NU Care-LAZISNU (lembaga filantropi di bawah naungan Nahdlatul Ulama), Lazismu (lembaga sosial di bawah naungan Muhammadiyah) dan BAZNAS, Unilever Indonesia menjalin kolaborasi jangka panjang serta penyaluran donasi kemanusiaan untuk membantu korban di area konflik dengan total bantuan senilai 6 miliar rupiah.
Tak hanya itu, Unilever Indonesia bersinergi bersama Perguruan Tinggi Muhammadiyah Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Ahmad Dahlan, dalam upaya perlindungan dan pemberdayaan perempuan Indonesia.
Sementara bersama Masjid Istiqlal, Unilever Indonesia telah menjalin kerja sama sejak 2017, dan terus diperkuat dalam menjalankan serangkaian program di bidang sosial kemasyarakatan. (*)