JAKARTA, HARIANHALUAN.ID – Sebagai product powerhouse dari Telkom Indonesia yang berfokus menghadirkan layanan B2B, Telkomsel bersinergi dalam implementasi langkah transformasi strategis Five Bold Moves TelkomGroup melalui komitmen untuk terus berinovasi dan memberikan dampak positif bagi ekosistem bisnis di Indonesia. Salah satu wujud nyata dari komitmen inovasi yang berdampak tersebut adalah hadirnya Ted, Enterprise Digital Account Manager yang mengintegrasikan teknologi Generative AI (Gen AI), untuk meningkatkan kualitas layanan bagi pelanggan bisnis Telkomsel dan TelkomGroup.
Pada acara WONDERLAB yang berlangsung di Jakarta pada 21 Juni – 21 Juli 2024, Ted dihadirkan dalam wujud Metahuman™ dengan kapabilitas interaksi dua arah dengan para pengunjung maupun klien potensial.
Melalui unit bisnis Telkomsel Enterprise, Telkomsel telah merancang Ted untuk membantu pelanggan korporat menemukan solusi digital yang tepat guna mempercepat pertumbuhan bisnis mereka. Ted mampu menghadirkan fungsi konsultatif berbasis teknologi Gen AI pada situs web dalam bentuk chatbot maupun pada acara-acara tertentu dalam bentuk Metahuman™. Dengan demikian, Ted menawarkan pengalaman layanan pelanggan bisnis yang lebih baik, sinergis dengan pelayanan pelanggan era digital yang semakin personal.
VP Corporate Strategy, Innovation, Sustainability, and Marketing Telkomsel, Endra Diputra, menyatakan, Ted adalah wujud nyata dari komitmen Telkomsel, sebagai product powerhouse dari TelkomGroup, untuk terus berinovasi dan memberikan dampak positif bagi ekosistem bisnis di Indonesia melalui kapabilitas teknologi konsultatif yang berpotensi mengubah cara bisnis berinteraksi dan berkolaborasi.
“Dengan pemanfaatan teknologi Gen AI yang dapat Telkomsel Enterprise implementasikan dalam bentuk chatbot di situs web maupun Metahuman™ di acara-acara tertentu, kami berharap Ted dapat mengakselerasi proses konversi dan efektivitas komunikasi, sehingga menghadirkan solusi bisnis secara cepat dan efisien bagi pelanggan dan mitra dari Telkomsel dan TelkomGroup,” katanya.
Sebagai Enterprise Digital Account Manager pertama dari Telkomsel dan TelkomGroup, dalam pengembangan tahap awalnya saat ini Ted mampu melayani komunikasi dalam bentuk Voice to Voice, Text to Voice, dan Chat. Ke depan, Telkomsel akan terus mengembangkan kapabilitas Ted hingga mampu membantu pelanggan dengan semakin cepat dan tepat mengisi formulir prospek, membuat rangkuman informasi dari interaksi pengguna, dan memberikan rekomendasi prioritas prospek untuk ditindaklanjuti.