Potensi Bencana Banjir dan Longsor Masih Terjadi Saat Mudik Lebaran

HARIANHALUAN.ID – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyiapkan langkah-langkah strategis untuk meminimalisir kerugian moril dan materil akibat kejadian bencana pada peiode mudik Lebaran tahun ini.

Kepala BNPB Suharyanto mengungkapkan, ada potensi terjadi bencana hidrometeorologi basah dan kering selama periode mudik lebaran nanti.

“Berdasarkan hasil koordinasi yang menjadi tantangan yang besar yakni bencana banjir, tanah longsor dan cuaca ekstrem,” jelas Suharyanto dikutip dari laman BNPB.

Dijelaskan, untuk mengantisipasi bencana tersebut, BNPB membuat peta rawan bencana untuk wilayah pulau Sumatera, Jawa dan Bali bagi masyarakat yang ingin mudik.

“Mengeluarkan peta rawan bencana di Jawa, Bali dan Sumatera terkait bencana banjir, tanah longsor dan cuaca ektrem,” ungkap Suharyanto.

Kemudian pihaknya bekerjasama dengan BPBD, kementerian, lembaga, pemda, untuk memantau penyelengaraan mudik pada titik-titik yang akan menjadi penumpukan pemudik,” imbuhnya.

Dirinya berharap dengan langkah-langkah tersebut, pemudik dan masyarakat bisa bertemu dengan keluarga di kampung halamannya denga naman dan nyaman.

“Mudah-mudahan dalam pelaksanaan mudik 2023 ini masyarakat terbebas dari bencana dan berjalan lancar,” pungkasnya. (sam)

Exit mobile version