PeSONas 2022, Atlet Asal Sijunjung Sumbang Dua Medali Emas

PeSONas

Dua atlet renang asal Kabupaten Sijunjung, Dika Putra Jaya dan Moris Yulianto berfoto bersama pelatih dan official usai meraih satu medali emas dan satu medali perak di cabor renang dalam ajang PeSONas 2022 di Semarang, Jawa Tengah, Rabu (6/7/2022). IST

HARIANHALUAN.ID – Sebanyak 15 atlet asal Kabupaten Sijunjung yang ikut bertanding mewakili Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) diajang Pekan Special Olympic Nasional (PeSONas) ke-1 Tahun 2022 di Kota Semarang, Jawa Tengah, pada tanggal 3-8 Juli berhasil menyabet dua medali emas, empat medali perak dan satu medali perunggu.

Dua medali emas tersebut berhasil diperoleh dari cabang olahraga renang 100 m gaya dada putra kategori high ability atas nama Dika Putra Jaya (medali emas), dengan kepala pelatih Yulidarti dan Yoikho Karazaqi sebagai asisten pelatih.

Sementara itu, satu medali emas berhasil disabet tim bola voli di bawah binaan Kepala Pelatih Riki Andriadi dan asisten pelatih Andra.

“Alhamdulillah, sebanyak 15 atlet asal Kabupaten Sijunjung yang ikut berlaga mewakili Provinsi Sumbar dalam ajang PeSONas 2022 berhasil menyumbangkan medali bagi Sumbar,” ujar Yulidarti selaku penanggungjawab kontingen Sijunjung, Rabu (6/7/2022).

Yulidarti mengatakan, selain dua medali emas, empat perak dan satu perunggu, juga berhasil diraih atlet asal Kabupaten Sijunjung, yakni di cabor lari 100 m putra, tenis meja tunggal putri, tenis meja ganda putra, renang gaya punggung 100 m putra dan perunggu diperoleh dari cabor bocce.

“Kita mempunyai kebanggaan tersendiri, meskipun hasilnya belum maksimal, tapi atlet kita sudah berusaha semaksimal mungkin,” ucapnya.

Kepala Sekolah Luar Biasa (SLB) Aisyiyah Sijunjung tersebut juga berharap, agar para atlet tidak terlalu besar hati dan menjadikan ajang ini untuk meningkatkan prestasi di ajang berikutnya.

Sementara itu, Ketua Special Olympic Indonesia (SOIna) Kabupaten Sijunjung, Nedia Guspardi memberikan apresiasi dan terima kasih terhadap seluruh kontingen asal Kabupaten Sijunjung, serta atlet yang mewakili Sumbar yang telah berjuang mengharumkan nama Sumbar khususnya Kabupaten Sijunjung diajang PeSONas 2022.

“Alhamdulillah, atas kerja sama dan kekompakan seluruh komponen mulai dari atlet, pelatih, official hingga jajaran pengurus SOIna Sijunjung dan Provinsi Sumbar, atlet kita bisa menyumbangkan medali pada ajang tingkat nasional ini. Apalagi, iven ini merupakan momentum persiapan jelang ajang Summer Olympics World Games (SOWG) di Berlin-Jerman, Tahun 2023,” ujarnya.

Istri Bupati Sijunjung Benny Dwifa itu juga mengatakan bahwa keberhasilan diajang nasional ini merupakan awal yang baik bagi pengembangan SOIna di Kabupaten Sijunjung, karena dari kegiatan ini akan menjadi daya dorong bagi pengurus SOIna Kabupaten Sijunjung, dalam meningkatkan bakat bakat atlet tuna grahita asal Kabupaten Sijunjung, serta mencari bibit atlet baru.

Dari data yang diperoleh, perolehan medali sementara pada ajang PeSONas 2022 dari tanggal 3-8 Juli di Semarang, Jawa Tengah, kontingen Sumbar berhasil memperoleh 14 medali emas, 19 medali perak dan tujuh medali perunggu. (*)

Exit mobile version