Dibuka Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Open Ceremony ASEAN Para Games XI Solo 2022 Meriah

HARIANHALUAN.id – Wakil Presiden Ma’ruf Amin resmi membuka ASEAN Para Games XI di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah pada Sabtu (30/7) malam. Pesta olahraga khusus untuk atlet difabel ini bakal digelar hingga 6 Agustus 2022 mendatang.

ASEAN Para Games XI Solo 2022 adalah ajang olahraga multicabang yang diikuti para atlet difabel se-Asia Tenggara yang mempertandingkan 14 cabang olahraga seperti atletik, boccia, panahan, judo, angkat berat, renang, tenis meja, tenis lapangan, catur, lawn bowls, bulu tangkis, balap sepeda, menembak dan voli duduk.

Ajang ini diikuti oleh 1.285 atlet dari 11 negara di Asia Tenggara yaitu Indonesia selaku tuan rumah, Laos, Myanmar, Timor Leste, Malaysia, Filipina, Singapore, Thailand, Vietnam, Kamboja, dan Brunei Darussalam.

Sejumlah kegiatan juga digelar untuk meramaikan pembukaan _event_ akbar ini. Di antaranya, pertunjukan  wayang, parade atlet dari 11 negara dan sejumlah acara lain.

ASEAN Para Games bukan sekadar kompetisi. Event ini menjadi sumber inspirasi bagi semua orang tentang makna keseteraan.

“Para Games adalah ajang istimewa karena menjadi sumber inspirasi bagi kita semua akan makna tentang kesetaraan. Para Games merupakan suatu yang istimewa karena atlet Para Games adalah atlet-atlet terbaik,” kata Ma’ruf Amin.

Ma’ruf menyambut baik para atlet dari 11 negara yang berpartisipasi. Ia berharap, event ini menjadi jembatan untuk mempererat hubungan antar negara ASEAN.

“Kepada seluruh atlet, selamat berjuang, dalam kompetisi yang sehat sportif. Saya berharap perhelatan olahraga ini akan semakin mempererat hubungan persahabatan negara-negara ASEAN dan masyarakat ASEAN,” katanya.

Sementara, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka yang juga Ketua Indonesian ASEAN Para Games Organizing Comittee (Inaspoc) mengucapkan terima kasih telah memilih Solo menjadi tuan rumah ASEAN Para Games XI. Bahkan, ia juga bertanya kepada warga Solo yang hadir terkait kesan mereka dengan terpilihnya kembali Solo menjadi tuan rumah.

“Warga Solo saya mau bertanya, bangga tidak jadi tuan rumah Para Games untuk kedua kalinya?” ujar Gibran yang disambut sorak warga yang hadir.

Gibran juga mengucapkan terima kasih atas dukungan pemerintah, baik pusat maupun daerah atas terselenggaranya acara ini.

“Ini luar biasa sekali gotong royongnya bersama teman-teman difabel,” kata Gibran. (*)

Exit mobile version