1.038 Atlet Karate Perebutkan Piala Bergilir Ketua FORKI Sumbar

FORKI Sumbar

HARIANHALUAN.ID – Sebanyak 1.038 atlet karate berasal dari 18 pengcab kabupaten kota dan 13 perwakilan pengprov perguruan karate se-Sumbar, berlaga memperebutkan piala bergilir Ketua Federasi Olahraga Karate-Do Sumatra Barat (Sumbar), Andre Rosiade yang dihelat di GOR Universitas Negeri Padang (UNP) pada Jumat (12/8/2022).

Ketua FORKI Sumbar, Andre Rosiade secara daring mengatakan, Kejuaraan Daerah (Kejurda) Karate yang dilaksanakan selama tiga hari berturut-turut tersebut, merupakan ajang pemanasan dan pencarian atlet berprestasi Karate asal Sumbar, yang akan diturunkan pada ajang Kejuaraan Nasional (Kejurnas) pada Oktober.

“Kita berharap dengan adanya kejurda ini dapat menghasilkan bibit-bibit atlet karate dan akan dipertarungkan pada Kejurnas mendatang. Apalagi, Sumbar akan menjadi tuan rumah pada kejurnas mendatang,” ujar Andre Rosiade.

Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Gerindra itu juga menjelaskan, kejurda pada tahun ini juga merupakan salah satu kejuaraan terbesar yang diikuti oleh atlet Karate se-Sumbar. Yang mana, menurutnya, pada tahun ini jumlah atlet yang ikut ambil bagian telah menembus rekor jumlah peserta dengan jumlah mencapai angka seribuan atlet dari seluruh Sumbar.

“Alhamdulillah, kejuaraan kali ini disambut antusias oleh seluruh atlet karate dari seluruh Sumbar. Ini merupakan kali keduanya peserta kejurnas karate mencapai jumlah seribu orang, ini merupakan indikasi bahwasanya olahraga karate mulai tumbuh dan berkembang di Sumatra Barat yang kita harapkan kedepannya juga akan diikuti oleh peningkatan prestasi atlet karate kita,” ucapnya.

Senada dengan itu, Ketua Harian Forki Sumbar, Kompol Alvira mengatakan, kejurda tersebut merupakan ajang untuk mengevaluasi sejauhmana keberhasilan pembinaan atlet karate di seluruh Sumbar.

Alvira yang juga merupakan Wakapolres Padang Panjang ini juga menyampaikan, ajang pertandingan yang akan memperebutkan piala bergilir Ketua FORKI Sumbar, Andre Rosiade ini merupakan bagian dari upaya penyusunan atlet inti FORKI Sumbar, yang akan disiapkan untuk bertanding pada ajang Kejurnas FORKI yang dijadwalkan akan dilaksanakan pada November mendatang di Sumbar.

“Hasil akhir kejurda juga akan menjadi indikator utama dan pertimbangan bagi FORKI Sumbar dalam pemilihan atlet yang akan diturunkan untuk mewakili Sumbar pada ajang Kejurnas mendatang di tanggal 3 sampai 6 November,” ucapnya.

Alvira optimis bahwasanya pada ajang kejurnas mendatang, kontingen Sumbar bisa mendulang prestasi maksimal. Apalagi, menurutnya, sejauh ini Ketua FORKI Sumbar telah menyiapkan sebanyak 64 orang atlet karate yang telah di Training Camp (TC) kan dan mencukupi segala kebutuhan mereka saat menjalani pemusatan latihan. (*)

Exit mobile version