Kejurda Shorinji Kempo Kota Randang Cup 2022 Sukses Digelar

Kempo

Penutupan Kejurda Shorinji Kempo Kota Randang Cup 2022. Taufik Hidayat

HARIANHALUAN.ID – Kejuaraan Daerah (Kejurda) Shorinji Kempo Kota Randang Cup 2022 yang digelar pada 25 Agustus sampai 28 Agustus 2022 di Gedung Olahraga M. Yamin Kota Payakumbuh sukses digelar.

Kota Padang keluar sebagai juara umum dengan total medali 28 medali, di antaranya 13 medali emas, delapan medali perak dan tujuh medali perunggu. Tuan rumah Kota Payakumbuh merebut posisi runner up, dengan total 13 medali dengan rincian tujuh medali emas, dua medali perak dan empat medali perunggu.

Wakil Wali Kota Payakumbuh, Erwin Yunaz menyebut bahwa Kejurda Shorinji Kempo Kota Randang Cup 2022 diikuti oleh 400-an atlet dan pelatih dari seluruh kabupaten kota di Sumbar.

Ini merupakan kejurda kedua yang digelar, setelah sebelumnya pada 2019 juga melaksanakan kegiatan sama di Kota Payakumbuh. Ia mengatakan bahwa kejurda ini bertujuan untuk pembinaan kepada atlet kempo yang ada di Sumbar, sehingga nantinya dapat lahir atlet berprestasi baik tingkat nasional maupun internasional.

“Tujuan kita untuk pembinaan dan semoga ini juga dapat menjadi ajang seleksi bagi para atlet kempo, untuk mengikuti kejuaraan di tingkat nasional maupun internasional,” kata Erwin, yang saat ini juga merupakan pemegang sabuk hitam DAN 1 di Kempo, Minggu (28/8/2022).

Menurutnya, iven olahraga memberikan dampak tak hanya kepada para penggiatnya saja, namun ada dampak ekonomis bagi masyarakat dan pelaku usaha di tempat daerah yang menggelarnya.

“Kami harap tamu yang datang ke Kota Randang ini dapat kami layani dengan baik dan selamat menikmati selama berada di kota yang kulinernya murah dan enak-enak,” kata dia.

Dia juga berpesan kepada seluruh atlet yang berhasil meraih medali agar tidak besar kepala, sementara untuk yang belum berhasil merebut medali dimintanya untuk terus berlatih keras.

“Yang terpenting, pastikan jiwa bushido melekat di jiwa masing-masing atlet. Kalau sudah melekat, maka akan dipakai sepanjang hidup untuk dapat meraih kesuksesan,” ujar Erwin Yunaz.

Sementara itu, Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumbar, Ronny Pahlawan yang menutup secara resmi kegiatan tersebut menyebut bahwa Kejurda Shorinji Kempo Kota Randang Cup 2022 merupakan iven kejuaraan kempo terbesar yang dilaksanakan di daerah itu semenjak pandemi Covid-19.

“Selama pandemi ada iven Kempo yang dilaksanakan. Tapi ini termasuk iven yang besar, karena sudah melibatkan 300 lebih atlet dan jadi 400 ditambah dengan wasit dan lainnya,” ujar Ronny. (*)

Exit mobile version