Diresmikan Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto, 1.153 Atlet Karate Memperebutkan Piala Ketua Umum PB Forki Tahun 2022

Forki Sumbar

HARIANHALUAN.ID – Ketua Umum Pengurus Besar (PB) Federasi Olahraga Karate Indonesia (Forki), Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto membuka secara resmi Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Karate Piala Ketua Umum PB Forki Tahun 2022 di Auditorium Universitas Negeri Padang (UNP) pada Senin (3/10/2022) siang.

Diikuti sekitar 1.153 atlet karate yang berasal dari 30 Pengprov Forki seluruh Indonesia, serta 21 perguruan karate lainnya. Dalam kejuaraan karate nasional yang pertama kali digelar di Sumbar itu akan diperebutkan sebanyak 254 keping medali emas, perak dan perunggu.

“Pelaksanaan Kejurnas Karate di Kota Padang ini merupakan langkah persiapan awal bagi Forki utuk menyiapkan atlet yang akan berlaga pada kejuaraan Serie A World Karate Federation (WKF), yang direncanakan bakal digelar di Jakarta pada November mendatang,” kata Ketua Umum PB Forki Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto.

Ia menambahkan, dalam kejuaraan karate kelas dunia mendatang, Forki optimis bahwa atlet karate Indonesia yang akan diturunkan bisa meraih prestasi gemilang. Sebab, menurutnya, berkaca pada sejumlah kejuaraan karate kelas internasional yang telah digelar sebelumnya, kontingen Indonesia mampu melebihi target prestasi yang telah ditentukan sebelumnya.

“Semasa wabah Covid-19, kita sempat mengikuti beberapa kejuaraan internasional, meski sempat pesimis, namun pada akhirnya kita bisa melebihi target dan meraih medali emas. Jadi saya yakin di WKF nanti paling tidak kita bisa meraih medali emas, itu harapan kita semua,” ucapnya.

Senada dengan itu, Ketua Umum Forki Sumbar, Andre Rosiade mengatakan bahwa pelaksanaan Kejurnas Karate Piala Ketua Umum PB Forki maupun Kejurda Piala Ketua Umum Forki Sumbar yang telah selesai digelar di Kota Padang beberapa waktu sebelumnya, merupakan wujud komitmen untuk menciptakan generasi muda Indonesia dan Sumbar yang kuat dan tangguh.

“Di samping merupakan bagian pembinaan prestasi atlet, kegiatan-kegiatan ini juga merupakan suatu yang sangat positif bagi perekonomian maupun pengembangan pariwisata di Sumatra Barat,” ucapnya. 

Untuk itu, kata Andre yang juga merupakan Anggota DPR RI dari Partai Gerindra ini, dukungan pemerintah mutlak diperlukan untuk mengakomodir prestasi dan kebutuhan para atlet di berbagai cabang olahraga. Terutama dalam hal menyediakan fasilitas stadion indoor yang layak untuk melaksanakan Kejuaraan Nasional.

“Perlu diketahui bahwasanya sampai saat ini Sumatra Barat belum memiliki satu pun stadion indoor yang layak untuk menggelar kejuaraan nasional. Ini PR bagi pemerintah daerah. Bahkan untuk pelaksanaan kegiatan ini saja, untungnya kita dibantu oleh Rektor UNP, bapak Ganefri, sehingga kejurnas ini bisa terselenggara,” ujarnya.

Dalam acara pembukaan Kejurnas Karate Piala Ketua Umum PB Forki Tahun 2022 itu, juga dilaksanakan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Pengurus Provinsi (Pengprov) Forki Sumbar masa bakti 2021-2025 di bawah kepemimpinan Andre Rosiade yang dipimpin langsung oleh Ketua Umum PB Forki, Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto. (*)

Exit mobile version