KONI Dharmasraya Siap Hadapi Porprov Sumbar Tahun Depan

KONI Dharmasraya

Suasana rapat KONI dalam rangka persiapan menghadapi Porprov 2023 di Dinas Parbudpora Dharmasraya. Maryadi

HARIANHALUAN.ID – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Dharmasraya siap menghadapi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) yang akan digelar pada Juli 2023 di Kota Padang dan Padang Panjang.

Hal itu diungkapkan Ketua KONI Dharmasraya, Eri Antoni Dt Tumanggung didampingi Sekretaris KONI, Najib, Kamis (3/11/2022) di Pulau Punjung kepada harianhaluan.id.

Ketua KONI Eri Antoni Dt Tumanggung mengungkapkan, ia siap menghadapi ajang olahraga provinsi tersebut meski dengan dana yang cukup terbatas, karena jumlah anggaran yang akan dihibahkan dari Pemkab Dharmasraya kepada KONI hanya separuh dari anggaran, ketika menghadapi porprov sebelumnya yakni Rp4,5 miliar.

Meski demikian, ulas tokoh muda pemekaran ini, ia bersama cabor siap menghadapi ajang tiga tahunan itu. “Saya sudah berkumpul dengan 13 cabor yang hadir dan difasilitasi oleh Dinas Parbudpora dalam rangka menghadapi porprov,” katanya.

Sebelumnya, jelas politisi PAN ini, KONI Dharmasraya sudah mengajukan dana melalui proposal kepada Pemkab Dharmasraya sebesar Rp9,8 miliar untuk 33 cabor, namun yang dianggarkan hanya Rp 4,5 miliar atau separuh dari yang diajukan.

Dijelaskannya, dengan anggaran sebesar itu tentu harus juga disepakati baik pemerintah maupun cabor, dimana jumlah atlet tentu jauh lebih kurang dari jumlah sebelumnya, yaitu dengan cara seleksi dimana atlet yang berpotensi medali baru dibawa. Apalagi olahraga terukur akan bisa dipedomani waktunya.

“Hal ini sudah ditegaskan oleh bupati bahwa atlet yang akan dibawa adalah atlet berpotensi medali dan cabornya jelas keabsahannya,” katanya.

Namun demikian, KONI bersama cabor akan mengoptimalkan peraihan medali dengan jumlah atlet dan cabor yang akan diikuti pada porprov mendatang.

Selanjutnya, KONI meminta kepada cabor untuk segera melakukan persiapan yang matang dan membuat revisi usulan anggaran, agar segera disampaikan ke KONI. Memang ada beberapa cabor secara terus-menerus melakukan latihan, meski ada ajang porprov maupun tidak. Begitu pula sebaliknya, ada juga baru akan mencari atlet dalam rangka menghadapi porprov, serta mencari atlet keluar daerah. (*)

Exit mobile version