Dari Ratusan Peserta Ikut MGR 2022 di Sijunjung, Ternyata Ada dari Luar Negeri

MGR 2022

Bupati Sijunjung, Benny Dwifa didampingi Wabup dan Forkopimda Sijunjung saat melepas para peserta Geopark Minang Run 2022, Minggu (4/12/2022) di Kabupaten Sijunjung dengan finish Geopark Silokek. IST

HARIANHALUAN.ID – Ratusan peserta dari dalam dan luar negeri ikut ambil bagian pada pagelaran Minang Geopark Run (MGR) Tahun 2022, Minggu (4/12/2022) di Kabupaten Sijunjung.

Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir mengatakan bahwa sebelum hari pelaksanaan, Pemkab Sijunjung dan masyarakat mendukung penuh Minang Geopark Run 2022 tersebut dan telah melakukan berbagai persiapan untuk menyambut agenda besar para pelari ini. 

“Dengan adanya iven Minang Geopark Run 2022, tentu saja akan meningkatkan kunjungan dan promosi kepariwisataan di Sumbar khususnya Kabupaten Sijunjung. Selain itu, pemkab akan memperkenalkan UMKM yang ada, mulai dari start di depan kantor bupati sampai finish di Geopark Nasional Ranah Minang Silokek,” ucapnya.

Yang lebih uniknya lagi, Benny Dwifa menambahkan, medali yang disiapkan bagi para pelari terbuat dari Batu SUSI (Sungkai Sijunjung), yang merupakan hasil karya pengrajin lokal.

“Minang Geopark Run layak menjadi brand pariwisata Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) dan Kabupaten Sijunjung khususnya, untuk mempromosikan dan menjual daya tarik pariwisata berupa budaya (culture), alam (nature) dan buatan manusia (manmade) ke kancah internasional. Sebab, brand ini kreatif, simpel dan mudah untuk menjual pariwisata ke mancanegara,” ujarnya.

Sementara itu, Kadis Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Parpora) Afrineldi mengatakan bahwa iven MGR adalah sejenis iven sport tourism untuk sekaligus mempromosikan potensi Geopark Silokek yang berada di Kabupaten Sijunjung.

“Iven ini juga sekaligus dijadikan sebagai strategi untuk mempromosikan potensi pariwisata Sijunjung dan Sumbar, yang memiliki geopark yang membentang di sepanjang jalur Bukit Barisan, yang salah satu di antaranya adalah Geopark Silokek yang dicanangkan menjadi UNESCO Global Geopark (UGG),” ujarnya.

Pada iven tersebut masyarakat juga terlihat sangat antusias melihat para pelari unjuk kebolehan dalam iven tersebut, termasuk melihat rocker kenamaan Dian Dipa Chandra yang dikenal dengan nama Candil, yang merupakan vokalis di grup musik Seurieus dan menghibur pada Minang Geopark Run 2022.

Sementara itu, di antara ratusan peserta yang mengikuti iven tersebut, terdapat empat orang warga Negara Malaysia yang baru pertama kali ke Sumatra Barat dan Kabupaten Sijunjung.

“Kami turut berbahagia bisa hadir di Sumatra Barat dan Kabupaten Sijunjung, untuk mengikuti Minang Geopark Run ini. Kami tinggal di Pantai Dalam Kuala Lumpur dan kami hanya tahu melalui instagram,” ujar Nurul Juliana Shakira.

Nurul mengungkapkan, ketakjubannya akan Geopark Silokek yang sejuk dan terjaga dengan baik, bahkan kagum dengan rumah adatnya sangat khas dan kekal.

Selain itu, Komunitas Ranting asal Duri Provinsi Riau juga tampak hadir bersama 17 orang pelari yang terdiri dari tiga perempuan dan 14 laki-laki. “Kita sudah dua kali ikut Minang Geopark Run, teman lainnya bahkan ada yang sudah tiga kali. Surprise sekali, kita belum pernah ke Sijunjung dan yang penting sehat dengan berlari,” tuturnya. (*)

Exit mobile version