Sumbar Menang di Kejurwil Tenis Meja se-Sumatra

Tenis Meja

Atlet tenis meja dari Sumbar saat berhadapan dengan atlet dari Riau, dalam final Kejuaran Wilayah Tenis Meja se-Sumatra digelar di Kota Solok pada Minggu (4/12/2022). Rivo

HARIANHALUAN.ID — Tim putra Sumatra Barat (Sumbar) berhasil menjuarai Kejuaraan Wilayah (Kejurwil) Region Sumatra Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia Provinsi Sumbar, yang digelar di GOR Tanjung Paku, Kota Solok, pada Minggu (4/12/2022).

Tim putra Sumbar yang juara satu dikategori tunggal putra adalah Usama, lalu disusul dari Riau yakni Alghifari dan juara tiga Tomi dari Sumbar.

Dikategori beregu putra berhasil diraih oleh tim Sumbar 1. Lalu juara dua dari tim Riau 2, dan juara 3 dari tim Riau 1.

Sementara dari tunggal putri Sumbar belum berhasil meraih podium. Kategori ini diisi oleh Riau, yakni Azzahra, Ifra (Riau) dan Elok (Riau). Termasuk dari kategori beregu putri. Di kelas ini diisi oleh Riau, Sumut dan Sumsel.

Untuk pertandingan antara Persatuan Tenis Meja (PTM) se-Sumbar, berhasil keluar sebagai pemenang, yakni Uganda 2, disusul posisi kedua IPRC 1 dan posisi ketiga Pratama 2.

Ketua Umum Pengprov PTMSI Sumbar, Gustami Hidayat didampingi Sekretaris PTMSI Sutan Dedi Firmansyah mengungkapkan, saat ini perkembangan atlet dari PTMSI sudah mulai membaik. Hal ini terbukti dengan banyaknya atlet Sumbar yang direkrut oleh klub-klub ternama.

“Untuk itu, dengan adanya kejuaran tersebut semakin memudahkan dan melihat atlet untuk pembinaan yang lebih baik. Kami berharap pembinaan akan terus dilakukan bahkan ke tingkat yang lebih tinggi bukan di Sumbar saja,” kata Gustami.

Selain itu, kata Gustami, kejuaran tersebut juga persiapan untuk mengikuti kejuaraan yang lebih besar lagi. “Selain itu, ini juga persiapan dalam menghadapi PON 2024. Dan sebelum tentu ada pra PON. Ini bukan kejuaran pertama,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakannya, Sumbar salah satu yang memiliki atlet yang berpotensi besar. Hal ini terbukti dengan adanya kejuaraan nasional beberapa waktu lalu.

“Pada kerjunas di Manado waktu lalu, kami lihat perkembangan atlet kita sangat jauh bedanya dengan atlet lain di Jawa. Tapi atlet tenis meja tingkat Sumatra itu sepertinya merata. Jadi ada tiga di provinsi di Sumatra yang mendapat medali di kerjunas salah satunya Sumbar. Jadi kita ingin memacu kualitas atlet kami ini,” kata Gustami, yang juga anggota DPRD Sumbar dari PKS itu.

Kabid Peningkatan Prestasi Olahraga Dispora Sumbar, Tasliatul Fuaddi mengatakan, dalam turnamen tenis meja kali ini diikuti oleh dari berbagai provinsi, seperti Sumatra Utara, Sumatra Selatan, Riau, Jambi dan Bengkulu.

“Provinsi masuk dalam kejuaran wilayah. Atlet yang bertanding dibagi menjadi beberapa regu, yakni tunggal atlet putra, tunggal atlet putri, beregu atlet putra dan putri,” ucapnya.

Dijelaskannya, untuk PM dikikut oleh sembilan daerah, yakni Kota Padang, Pasaman Barat, Kota Pariaman, Sawahlunto, Lima Puluh Kota, Padang Panjang, Kota Solok, dan Bukittinggi. (*)

Exit mobile version