HUT Ke-25 Kementerian, Semen Padang Meriahkan Jalan Santai Bersama BUMN

Pembukaan jalan santai dalam rangka memeriahkan HUT Kementerian BUMN Ke-25. IST

MAGELANG, HARIANHALUAN.ID—Sekitar 1500-an peserta memadati Lapangan drh. Soepardi sejak pagi untuk mengikuti Jalan Sehat Bersama BUMN yang diadakan dalam rangkaian peringatan HUT Kementerian BUMN Ke-25, Sabtu (4/3). Mewakili SIG, PT Semen Padang bersama PT Perhutani dan PT Kawasan Industri Wijayakusuma menyelenggarakan jalan sehat di Magelang, yang menjadi satu dari 234 kabupaten/kota penyelenggaraan Jalan Sehat Bersama BUMN.

PT Semen Padang yang merupakan anak usaha SIG, bersama PT Perhutani dan PT Kawasan Industri Wijayakusuma, melaksanakan Jalan Sehat Bersama BUMN di dua kabupaten di Jawa Tengah, yaitu Temanggung dan Magelang. Jalan Sehat Bersama BUMN di Magelang dihadiri Direktur Keuangan dan Umum PT Semen Padang, Oktoweri; Direktur SDM Umum dan IT PT Perhutani, Muhammad Deni Ermansyah; dan Sekda Kabupaten Magelang, Adi Wartanto.

Direktur Keuangan dan Umum PT Semen Padang, Oktoweri mengatakan, menjadi bagian dari kegiatan Jalan Sehat Bersama BUMN 2023 merupakan suatu kebanggaan dan kehormatan bagi PT Semen Padang menuju Indonesia sehat. Melalui kegiatan ini, PT Semen Padang sebagai bagian dari aset bangsa di bawah arahan SIG dan koordinasi Kementerian BUMN, berkesempatan untuk kian dekat dan mempererat hubungan dengan seluruh lapisan masyarakat.

“Jalan Sehat Bersama BUMN merupakan kesempatan bagi kami untuk memperkuat kolaborasi bersama masyarakat, sebagai bekal melanjutkan transformasi melalui pengembangan inovasi produk dan layanan. Bersama SIG, Semen Padang telah menjadi bagian dari pembangunan di Jawa Tengah dan di Indonesia,” kata Oktoweri.

Kegiatan jalan sehat mengusung konsep Estafet Obor BUMN dari Sabang sampai Merauke itu, dilakukan secara bertahap di 15 provinsi mulai 12 Februari hingga 19 Maret 2023 dengan tema “Bersama BUMN, Menuju Indonesia Sehat”. Di bawah arahan langsung Menteri BUMN, Erick Thohir, jalan sehat tersebut digelar untuk menandai kebersamaan Kementerian BUMN dan masyarakat yang telah terbina selama 25 tahun. Harapannya, agar Kementerian BUMN dan perusahan BUMN hadir lebih dekat dan mengedukasi masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan, yang merupakan modal dasar pembangunan.

Di Magelang, acara jalan sehat diikuti sekitar 1.500 orang dengan rute yang dimulai dari Lapangan drh. Soepardi-Rumah Dinas Bupati Magelang-Tugu Soekarno Hatta-Jl Sudirman arah Candi Borobudur-Jembatan Motor Sudirman-balik arah ke Jembatan Mobil Sudirman-Tugu Soekarno Hatta-kembali ke Lapangan drh. Soepardi. Selain berolahraga bersama, acara jalan sehat juga dimeriahkan dengan berbagai hadiah doorprize bagi peserta yang beruntung.

Jalan Sehat Bersama BUMN ditandai dengan penyerahan Estafet Obor BUMN oleh Direktur Keuangan dan Umum PT Semen Padang, Oktoweri kepada Pemerintah Kabupaten Magelang yang diwakili oleh Adi Wartanto selaku Sekda Kabupaten Magelang. Adi Wartanto mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada BUMN yang telah memilih Magelang sebagai tempat rangkaian HUT Kementerian BUMN dengan menggelar kegiatan Jalan Sehat Bersama BUMN.

“Acara ini turut memberi kontribusi dan memberi andil agar masyarakat tergugah dari tidur 2 tahun lebih karena pandemi. Jalan sehat ini menjadi simbol untuk bangun dan kembali beraktivitas,” kata Adi.

Ia juga menambahkan, kegiatan jalan sehat ini juga dapat memantik kegiatan pariwisata, karena rutenya merupakan spot pariwisata yang dipromosikan pemerintah setempat. “Jadi, kegiatan ini dapat mendorong UMKM untuk bergairah mendukung pariwisata, khususnya di sisi ekonomi lokal,” katanya.

Eko Karyanto (72) yang merupakan Pengurus KONI Magelang, mengungkapkan semangatnya mengikuti Jalan Sehat Bersama BUMN, “Saya sering jogging sendiri atau bersama kelompok. Begitu tahu ada jalan sehat yang diadakan BUMN, saya langsung daftar dan ikut. Semoga kegiatan ini terus rutin diadakan,” ujarnya.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Hati (46), salah seorang warga Magelang yang turut serta pada Jalan Sehat Bersama BUMN tersebut. “Saya dan juga masyarakat Magelang, khususnya yang ikut kegiatan Jalan Sehat Bersama BUMN yang digelar hari ini, tentunya mendoakan agar BUMN-BUMN ini semakin meningkat dan berkembang, sehingga terus berkontribusi positif kepada masyarakat,” katanya. (rel/dan)

Exit mobile version