Kejuaraan Tenis Yunior Nasional IMTC Piala Pelti Sumbar 2023 Dibuka Gubernur

HARIANHALUAN.ID – Kejuaraan Tenis Yunior Nasional IMTC Piala Pelti Sumbar tahun 2023 resmi dibuka Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansyarullah di Lapangan Tenis UNP, Rabu (3/5).

Ketua Umum Pelti Pengprov Sumbar mengungkapkan bahwa kejuaraan ini berkat kolaborasi dengan Irawati Moerid Tennis Competition (IMTC),

“Ini merupakan kejuaraan pertama bekerjasama dengan IMTC, dan kedepan akan diagendakan terlaksana setiap tahun. Ada 130-an atlet tenis dari berbagai provinsi dan kabupaten/ kota yang ikut serta pada Kejuaraan Tenis Yunior Nasional IMTC Piala Pelti Sumbar, ujar Prof Syahrial Bakhtiar.

Lebih lanjut, Syahrial melaporkan Pelti Pengprov Sumbar sudah melaksanakan Seleksi Pra PON, hasilnya 10 atlet tenis lapangan Sumbar akan dipersiapkan menghadapi Pra PON, yang akan berlangsung, medio Juli 2023 di Jakarta

“Pelti Pengprov Sumbar tentunya butuh dukungan ke depan agar atlet-atlet dapat berprestasi lebih baik di kejuaraan-kejuaraan nasional. Bahkan dapat mewakili Sumbar pada ajang PON 2024 di Aceh dan Sumut,” terangnya.

Sementara, Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansyarullah mengatakan, bahwa torehan prestasi tentunya dapat tercapai apabila sang atlet mengikuti event secara berjenjang dan rutin. Selain itu, atlet harus berlatih secara terstruktur, teratur, dan berkelanjutan.

“Kompetesi ini sebagai ajang untuk mengukur sejauh mana kemampuan atlet, dan membangun semangat olahraga di masyarakat. Berlangsungnya kompetisi dapat menghasilkan dampak ekonomi di berbagai sektor, secara tidak langsung sport tourism membantu perkembangan pariwisata Sumbar karena ivent ini berkelas Nasional,” jelas Mahyeldi, yang juga Ketua KORMI Sumbar itu.

Menurutnya, jiwa pemenang perlu dibangun sejak dini melalui olahraga sehingga dapat terbentuk sikap sportivitas, disiplin, dan powerful ketika menghadapi tantangan.

Dan untuk kompetisi menurut Mahyeldi, pelaksanaan Kejuaraan Nasional sangat penting dilakukan secara berjenjang, mulai dari segi usia, hingga tingkatan level kompetisi, yaitu nagari, kecamatan, kabupaten, provinsi, nasional, hingga internasional.

“Pelaksanaan kompetisi hendaknya dimulai dari yang terkecil hingga yang levelnya tinggi. Sehingga para atlet berprestasi akan benar-benar terjaring, dan tentu mental juaranya akan terasah.

Mungkin, Pelti Pengprov Sumbar lebih giat lagi menyelenggarakan ivent-ivent tenis lapangan dimasa mendatang dan meminta Pelti Sumbar menggelar turnament yang bertitel Piala Gubernur Sumbar dimasa mendatang, sehingga Sumbar mendapatkan atlet-atlet terbaik dan dunia pariwisata Sumbar bergerak pasca Pandemi Covid-19 ini,” tutup Mahyeld sembari mengucapkan basmallah membuka ivent tersebut secara resmi.

Menandai pembukaan Kejuaraan Tenis Yunior Nasional IMTC Piala Pelti Sumbar,
Sebanyak 130-an Atlet Tenis yang Tampil Uji Kemampuan di Padang itu dibagi dua lapangan dan Gubernur Sumbar, Mahyeldi didampingi Kadispora Sumbar, Meifrizon, Kadisdik Sumbar, Barlius, dan Ketua Panpel, Yulindo dan Direktur IMTC, Irawati Moerid melaksanakan servis, bagi petenis yang menangkap bolanya mendapat doorprize dari panitia

Tampak hadir sekretaris pelaksana Irawan dan panitia lainya Syafrizal Adek, Deno Indra Firmansyah dan Hendri Irawadi (*)

Exit mobile version