Indonesia U-22 VS Myanmar, Garuda Muda Harus Jaga Momentum

Indra Sjafri

KAMBOJA, HARIANHALUAN.ID — Timnas Indonesia U-22 saat ini tengah bersiap menghadapi laga kedua mereka di Grup A SEA Games 2023 pada Kamis 4 Mei 2023 pukul 16.00 WIB. Kemenangan wajib diraih pasukan Indra Sjafri itu untuk menjaga asa lolos ke babak semifinal. Untuk bisa ke semifinal, skuad Garuda Muda harus bisa finis di posisi dua teratas di klasemen akhir Grup A nanti.

Sejauh ini, Timnas Indonesia U-22 yang baru memainkan satu laga berada di peringkat kedua dengan koleksi tiga poin. Garuda Muda hanya kalah satu poin dari Kamboja yang bertengger di posisi pertama dan sudah memainkan dua pertandingan.

Dengan begitu, kemenangan atas Myanmar pada esok hari akan membuat Timnas Indonesia U-22 bisa memimpin Grup A. Karena laga Myanmar begitu penting, Indra Sjafri pun diprediksi akan menurunkan kekuatan terbaiknya demi bisa mengamankan tiga poin.

Indra Sjafri dinilai takkan gegabah dengan melakukan rotasi pemain pada saat melawan Myanmar di Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja nanti. Karena itu, diprediksikan susunan pemain Timnas Indonesia U-22 melawan Myanmar, tidak akan jauh berbeda ketika Garuda Muda berjumpa Filipina di partai perdana SEA Games 2023.

Sebab dengan susunan pemain berformasikan 4-3-3 itu, Timnas Indonesia U-22 berhasil menang 3-0 atas Filipina. Tentu gaya bermain Timnas Indonesia U-22 masih belum sempurna pada saat menang 3-0, namun formasi itu dinilai dapat memaksimalkan potensi dari setiap lini Timnas Indonesia U-22.

Jadi, dapat diprediksikan Indra Sjafri masih akan mempercayakan posisi kiper kepada Ernando Ari. Lalu empat bek bakal diisi oleh Rizky Ridho dan Alfeandra Dewangga di bek tengah serta Rio Fahmi dan Pratama Arhan yang bertugas sebagai fullback.

Lanjut ke tengah, tiga pemain yang akan berperan penting dalam alur permainan Timnas Indonesia U-22 masih dipercaya kepada Beckham Putra, Marselino Ferdinan, dan Ananda Raehan. Lalu pada posisi depan ada Irfan Jauhari, Ramadhan Sananta, serta Witan Sulaeman.

Irfan Jauhari dipercaya bakal bermain sebagai starter berkat penampilan apiknya kala melawan Filipina.

Prediksi Menpora

Menpora Dito Ariotedjo menyampaikan prediksi skor laga Indonesia vs Myanmar di babak penyisihan grup A SEA Games 2023. Ia menyebut, skor 2-1, kemenangan untuk Garuda Muda.

Dito mengatakan Indonesia wajib menang demi mengamankan poin lolos ke babak semifinal sepakbola multievent dua tahunan terbesar di Asia Tenggara tersebut. “Pasti menang ya (prediksinya) 2-1,” kata Dito kepada pewarta di Kantor Kemenpora, Jakarta, pada Rabu (3/5).

Meski begitu, Menpora berusia 32 tahun tersebut mengakui Myanmar menjadi tim negara yang tak mudah bagi skuad Indra Sjafri.

Menilik catatan pertemuan keduanya Di SEA Games, Indonesia dan Myanmar, termasuk masih bernama Burma, sudah berhadapan 12 kali. Hasilnya, Tim Merah-Putih bisa memetik kemenangan sebanyak tujuh kali, imbang dua kali, dan kalah sebanyak tiga kali.

“Bola lawan Myanmar agak tantangan tuh. Tapi kemarin malam saya habis komunikasi dengan Pak Erick Thohir (Ketua Umum PSSI) beliau optimitis. Beliau kemarin sampai per detik ini masih yakin kita bisa lolos ke semifinal dan final,” ujarnya.

Timnas Indonesia U-22 saat ini mengemas tiga poin atas satu kemenangan atas Filipina. Rizky Ridho dan kawan-kawan berada di posisi ke-2 klasemen grup A SEA Games 2023.

Peringkat pertama masih dipegang Kamboja dengan nilai empat dari dua kali bertanding. Pertandingan Indonesia melawan Myanmar akan diselenggarakan di Stadion National Olimpiade, Phnom Penh, pada Kamis (4/5), pukul 16.00 waktu setempat. (hln)

Exit mobile version