Liga 1 Bakal Terapkan VAR Mulai Tahun Depan

Ketua PSSI, Erick Thohir meninjau Stadion Manahan Solo, Minggu (4/6) yang dipersiapkan sebagai tuan rumah Kualifikasi Piala Asia U-23 2024. Mahanan Solo juga akan menjadi stadion pertama yang akan menerapkan VAR di Indonesia. IST/PSSI

SOLO, HARIANHALUAN.ID — Ketua PSSI, Erick Thohir menyatakan, kompetisi Liga 1 tahun 2023/2024 akan memakai teknologi Video Assistant Referee (VAR). Namun, teknologi tersebut baru akan diberlakukan pada Februari tahun depan.

“VAR akan diterapkan di Liga 1, insya Allah bulan Februari. Jadi enam bulan ini kita akan ada persiapan,” tutur Erick Thohir saat meninjau Stadion Manahan Solo, Minggu (4/6).

Erick menjelaskan bahwa pemasangan VAR tersebut adalah salah satu hal yang masuk dalam blueprint PSSI. Hal tersebut juga untuk standardisasi 22 stadion yang ada di Indonesia. Ia menegaskan, stadion-stadion di Indonesia harus berkualitas internasional.

“Ini sejalan dengan blueprint yang disampaikan oleh PSSI kepada FIFA dan waktu itu juga dukungan penuh bapak Presiden Jokowi ya, dengan Menteri PUPR yang akan merenovasi 22 stadion untuk kepentingan tim nasional Liga 1 dan liga lainnya. Makanya kami memberanikan diri juga menggunakan VAR tahun depan,” katanya.

Selain itu, pihaknya juga mengungkapkan bahwa Stadion Manahan Solo adalah salah satu yang sudah siap menggunakan VAR. Kendati penerapannya baru akan dilangsungkan di tahun depan. “Alhamdulillah, salah satunya tentu Manahan yang saya rasa fasilitas sudah ada. Ini mestinya yang siap,” katanya.

Di sisi lain, Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Solo, Rini Kusumandari mengatakan untuk fasilitas VAR sudah siap. Ia mengungkapkan hal tersebut tinggal menunggu kamera yang akan digunakan untuk VAR. “Sudah siap, tinggal kameranya saja. Tidak tahu nanti kameranya, saya hanya menyiapkan ruangan dan peralatan saja,” katanya. (rel)

Exit mobile version